Pengaruh partisipasi pegawai dalam penyusunan anggaran belanja terhadap kinerja pegawai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi

Utami, Ajeng Sri (2018) Pengaruh partisipasi pegawai dalam penyusunan anggaran belanja terhadap kinerja pegawai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy

Abstract

Sejak di berlakukannya Undang-Undang RI Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), pemerintah mengharapkan agar dengan adanya Undang-Undang tersebut mampu berjalan efektif sehingga memberikan kontribusi besar terhadap kinerja pegawai. Undang-Undang tersebut berlaku disetiap instansi pemerintah baik daerah maupun pusat termasuk di Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi. Akan tetapi kenyataannya dengan diberlakukannya Undang-Undang tersebut belum dirasa efektif pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi. Adapun ketidakefektifan Undang-Undang No 5 tahun 2014 di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi ini terlihat pada pegawai yang memiliki kinerja yang rendah atau semakin menurun walaupun telah banyak memiliki pengalaman kerja, serta belum optimalnya penyusunan anggaran belanja pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi sehingga realisasi belanja tidak mencapai target 100%. Penelitian ini bertujuan untuk menguji seberapa besar pengaruh keikutsertaan dalam penyusunan anggaran; keterlibatan dalam proses revisi anggaran; pemberian pendapat; keterlibatan dalam anggaran final; kontribusi anggaran; dan permintaan pendapat terhadap kinerja pegawai di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi. Penulis menggunakan teori partisipasi anggaran dari Milani dalam Maiga dan Jacobs yang dapat diukur melalui keikutsertaan dalam penyusunan anggaran; keterlibatan dalam proses revisi anggaran; pemberian pendapat; keterlibatan dalam anggaran final; kontribusi anggaran; dan permintaan pendapat. Sedangkan Kinerja Pegawai menggunakan teori dari John Miner dalam Sudarmanto yang mengemukakan kinerja pegawai dapat diukur melalui kualitas; kuantitas; penggunaan waktu; dan kerjasama. Metode penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini penulis menyebarkan kuesioner kepada 62 responden di kantor kementerian agama kabupaten sukabumi. Pengujian data yang dilakukan dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis secara parsial (uji T) dan secara simultan (uji F), dan analisis determinasi. Berdasarkan hasil penelitian keikutsertaan dalam penyusunan anggaran (X1) keterlibatan dalam proses revisi anggaran (X2) pemberian pendapat (X3) keterlibatan dalam anggaran final (X4) kontribusi anggaran (X5) dan permintaan pendapat (X6) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Adapun enam dimensi tersebut memperoleh R-Square sebesar 0,989 atau 98,9%, sedangkan sisanya sebesar 1,1% di pengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi pengaruh yang sangat tinggi dari partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja pegawai di kantor kementerian agama kabupaten sukabumi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Penyusunan Anggaran; Kinerja Pegawai; Undang-undang
Subjects: General Organizations in Indonesia
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Labor Economics
Labor Economics > Labor Force, Employee
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Ajeng Sri Utami
Date Deposited: 15 Oct 2018 06:50
Last Modified: 15 Oct 2018 06:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15580

Actions (login required)

View Item View Item