Korelasi Antara Keterampilan Metakognisi Dengan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Lingkungan : Penelitian Deskriptif-korelasional pada siswa kelas X SMAN 26 Bandung

Lisnawati, Lilis (2018) Korelasi Antara Keterampilan Metakognisi Dengan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Lingkungan : Penelitian Deskriptif-korelasional pada siswa kelas X SMAN 26 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (658kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan metakognisi merupakan salah satu indikator penting dalam proses pembelajaran yang perlu diberdayakan dan dikuasai oleh siswa sebagai suatu proses yang dilakukan dalam menyelesaikan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mencari korelasi antara keterampilan metakognisi dengan hasil belajar siswa. melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) pada meteri lingkungan. Penelitian dilakukan di kelas X MIPA 1 SMAN 26 Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dekriptif-korelasional. Dengan desain penelitian one-shot study. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran (LO), angket keterampilan metakognisi, dan tes penguasaan konsep soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlaksanaan pembelajaran siswa dan guru berjalan dengan sangat baik. Keterampilan metakognisi siswa berada dalam tingkat 3 (tiga) yaitu berada dalam tahap developing atau berkembang. Hasil belajar kognitif siswa memperoleh nilai N-gain sebesar 0.46 dalam kategori sedang dengan pencapain indikator hasil belajar sebesar (86.04%) dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji korelasi antara keterampilan metakognisi dengan hasil belajar siswa memperoleh nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,26 dengan nilai interval interpretasi korelasi rendah. Hasil uji t menunjukan bahwa thitung (1,43) < ttabel (2,76), maka H1 ditolak dan H0 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah H1 ditolak dan H0 diterima artinya tidak terdapat korelasi antara keterampilan metakognisi dengan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: keterampilan metakognisi; Probelem Based Learning; hasil belajar; Korelasi
Subjects: Education
Education and Research of Literatures
Education and Research of History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: lilis lisnawati
Date Deposited: 12 Oct 2018 08:56
Last Modified: 12 Oct 2018 08:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15545

Actions (login required)

View Item View Item