Meningkatkan hasil belajar kognitif Siswa melalui Model pembelajaran Kooperatif Tipe bertukar pasangan pada Pelajaran Pkn Materi Indahnya Keragaman di Negeriku

Heryani, Erni (2018) Meningkatkan hasil belajar kognitif Siswa melalui Model pembelajaran Kooperatif Tipe bertukar pasangan pada Pelajaran Pkn Materi Indahnya Keragaman di Negeriku. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (BAB1)
4_bab1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text (BAB3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK ERNI HERYANI. Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bertukar Pasangan Pada Mata Pelajaran PKN Materi Indahnya Keragaman Di Negeriku (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV MI AL-Misbah Kota Bandung) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah, yaitu masalah rendahnya hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PKn materi Indahnya Keragaman di Negeriku. Rendahnya hasil belajar tersebut dikarenkan guru belum menggunakan model yang tepat dan tidak ada setting kelas dalam pembelajaran, maka untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) hasil belajar kognitif siswa sebelum menggunakan model pembelajaran bertukar pasangan; 2) proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran bertukar pasangan pada setiap siklus; 3) hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan model pembelajaran bertukar pasangan pada setiap siklus. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya penggunaan model pembelajaran yang tepat, diantaranya model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan. Berdasarkan hal tersebut, maka hipotesis yang diajukan adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan diduga dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PKn materi Indahnya Keragaman di Negeriku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menempuh langkah-langkah yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, tes, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif, dan pendekatan statistika untuk data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Hasil belajar kognitif siswa sebelum menggunakan model bertukar pasangan masih rendah dengan nilai rata-rata sebesar 61,11. (2) Penerapan model pembelajaran bertukar pasangan berjalan dengan baik sesuai dengan tahapannya. Aktivitas siswa dan guru mengalami peningkatan. Adapun persentase keterlaksanaan aktivitas guru pada siklus I adalah 79,5% (baik), pada siklus II 96% (Sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I 78% (Baik), pada siklus II 90% (Sangat baik). (3) Hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran bertukar pasangana mengalami peningakatan. Rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus I adalah 69,62 (Cukup), pada siklus II 83,33 (Sangat baik). Adapun persentase ketuntasan belajarnya pada saat pra siklus yaitu 37%, siklus I 62,69%, dan siklus II 88%. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PKn materi Indahnya Keragaman di Negeriku pada siswa kelas IV MI AL-Misbah Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Model bertukar pasangan,Pkn
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Erni Heryani
Date Deposited: 12 Oct 2018 08:22
Last Modified: 12 Oct 2018 08:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15541

Actions (login required)

View Item View Item