Pembuatan E-Module pembelajaran konsep Reduksi-Oksidasi berbasis lingkungan berorientasi kemampuan Literasi Kimia siswa

Nurlatifah, Syifa (2013) Pembuatan E-Module pembelajaran konsep Reduksi-Oksidasi berbasis lingkungan berorientasi kemampuan Literasi Kimia siswa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (488kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)

Abstract

Ilmu kimia merupakan ilmu yang berkaitan dengan ilmu sains lainnya, tidak ada ilmu pengetahuan alam atau yang biasa kita kenal dengan istilah ilmu sains yang tidak bergantung pada ilmu kimia. Oleh karena itu, diperlukan adanya pemvisualisasian gambar maupun video untuk mempermudah proses pembelajaran, salah satunya dengan pembuatan modul elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa E-Module pembelajaran konsep reduksi-oksidasi berbasis lingkungan berorientasi kemampuan literasi kimia siswa dan menguji kelayakannya dengan menggunakan metode desain penelitian dan pengembangan. Tahapan penelitian yang dilakukan meliputi: analisis konsep reduksi-oksidasi, analisis wacana, perancangan, pengembangan desain, validasi konten dan uji coba terbatas. Berdasarkan penelitian diperoleh E-Module pembelajaran yang memiliki karakteristik: pemaparan konten disajikan secara induktif melalui teks, gambar, animasi, video serta beberapa pertanyaan yang mengacu pada aspek-aspek literasi kimia yaitu mencakup aspek konteks, konten, proses dan sikap. Secara umum, hasil penelitian dari 4 0rang validator ahli 93-96% menyatakan bahwa E-Module yang telah dibuat dapat dijadikan sebagai bahan ajar, dan pada tahap uji coba terbatas 90-92% mahasiswa sebanyak 20 orang menyatakan setuju pula untuk menggunakan E-Module sebagai bahan ajar. Berdasarkan perolehan persentase tersebut dapat dikatakan bahwa E-Module pembelajaran konsep reduksi-oksidasi yang dibuat dapat digunakan sebagai bahan ajar berorientasi kemampuan literasi kimia siswa di SMA/ MA pada konsep reduksi-oksidasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: E-Module; Pembelajaran Konsep Reduksi-Oksidasi; Lingkungan Kemampuan Literasi Kimia Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Chemistry and Allied Science > Chemists
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 17 May 2016 04:09
Last Modified: 14 Aug 2019 06:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1554

Actions (login required)

View Item View Item