Penerapan pendekatan concrete representational abstract dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan sikap habits of mind: penelitian kuasi eksperimen di kelas XI SMK Bakti Nusantara 666

Sania, Hilda Galih (2018) Penerapan pendekatan concrete representational abstract dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan sikap habits of mind: penelitian kuasi eksperimen di kelas XI SMK Bakti Nusantara 666. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (480kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (a) gambaran proses pembelajaran menggunakan pendekatan Concrete-Representational-Abstract, (b) peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan kategori tinggi, sedang, rendah (PAM), (c) pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis, (d) sikap habits of mind setiap siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan pendekatan CRA. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluru siswa kelas XI RPL SMK Bakti Nusantara 666. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga di dapat kelas XI RPL 4 dengan pendekatan Concrete-Representational-Abstract dan XI RPL 3 dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan pengolahan data, diperoleh: (a) Keterlaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan CRA menunjukkan bahwa aktifitas guru dan siswa pada setiap pertemuannya dapat terlaksana dengan kategori sangat baik secara keseluruhan. (b) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas yang menggunakan pendekatan CRA tidak lebih baik daripada peningkatan pada kelas konvensional dengan menggunakan hasil data N-gain berdasarkan kategori PAM. (c) Pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas yang menggunakan pendekatan CRA lebih baik daripada pencapaian pada kelas konvensional menggunakan data posttest. (d) Terdapat peningkatan sikap habits of mind antara sebelum dan sesudah penerapan pendekatan Concrete-Representational-Abstract. Terimplikasi grand teori Piaget, Vygotsky dan Bruner sehingga pendekatan Concrete-Representational-Abstract efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Concrete-Representational-Abstract; Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis; Habits of Mind
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Hilda Galih Sania
Date Deposited: 12 Oct 2018 07:10
Last Modified: 12 Oct 2018 07:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15501

Actions (login required)

View Item View Item