Keefektifan pembelajaran PAI berbasis Information Communication Technologies: Penelitian di SMAN 24 Bandung

Abdul basit, Aab (2018) Keefektifan pembelajaran PAI berbasis Information Communication Technologies: Penelitian di SMAN 24 Bandung. Masters thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu di SMAN 24 Bandung menunjukan bahwa sudah memiliki fasilitas yang lengkap dalam hal media pembelajaran berbasis Information Communication Technologies. Dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Namun, di balik tersedianya fasilitas yang memadai tersebut, diperoleh fenomena yang mesti diteliti yaitu dari empat orang guru PAI yang ada di SMAN 24 Bandung yang efektif dalam menggunakan media berbasis Information Communication Technologies hanya satu orang guru PAI yang senantiasa belajar dan mengembangkan pembelajaran PAI berbasis ICT. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: 1) Perencanaan Pembelajaran PAI berbasis ICT di SMAN 24 Bandung; 2) Pelaksanaan Pembelajaran PAI berbasis ICT di SMAN 24 Bandung; 3) Bentuk Evaluasi Pembelajaran PAI berbasis ICT di SMAN 24 Bandung; 4) Hasil Pembelajaran PAI berbasis ICT di SMAN 24 Bandung; 5) Faktor Pendukung dan Penghambat Pembelajaran PAI berbasis ICT di SMAN 24 Bandung. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa media pembelajaran berbasis Information and Communication Technologies merupakan salah satu upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI. Karena dalam proses belajar mengajar setiap peserta didik membutuhkan cara pembelajaran yang mudah untuk dipahami sesuai dengan kemampuannya dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode penelitiannya desktiptif analitik. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, memeriksa keabsahan data dan menyusun simpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan pembelajaran PAI berbasis ICT di SMAN 24 Bandung dilaksankan secara efektif melalui penetapan tujuan pembelajaran yang mengacu pada Visi dan Misi, menyusun kurikulum, mengembangkan silabus, menyusun RPP, mengembangkan bahan ajar dengan power point, memilih media pembelajaran, menentukan metode dan model pembelajaran, rencana evaluasi; 2) Pelaksanaan pembelajaran PAI berbasis ICT di SMAN 24 Bandung meliputi penyusunan RPP dan melaksanakan pembelajaran melalui multi media presentasi, video pembelajaran, dan pemanfaatan internet; 3) kegiatan evaluasi pembelajaran PAI berbasis ICT di SMAN 24 Bandung dilakukan secara on line CBT dan uji kompetensi PAI; 4) Hasil pembelajaran PAI berbasis ICT yaitu : Perhatian peserta didik terhadap pembelajaran PAI meningkat, peserta didik mudah memahami materi, motivasi belajar meningkat dan prestasi meningkat lebih baik; 5) faktor pendukung guru PAI dalam pembelajaran PAI berbasis ICT yaitu terpenuhinya sarana dan prasarana media ICT dan faktor penghambat yang dialami guru PAI dalam pembelajaran PAI berbasis ICT yaitu timbul dari intern dan ekstern guru PAI.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI; ICT; Pendidikan islam
Subjects: Islam
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aab Abdul Basit
Date Deposited: 28 Feb 2019 02:55
Last Modified: 12 Jan 2022 05:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15452

Actions (login required)

View Item View Item