Pengaruh Bimbingan Nada membaca Alquran terhadap Ketenangan Jiwa: Penelitian di Pondok Pesantren Alquran Al-Falah Cicalengka Jl. Kapten Sangun No. 6 RT01/03 ds. Tenjolaya, Cicalengka, kab. Bandung

Kosasih, Mas Rohana (2018) Pengaruh Bimbingan Nada membaca Alquran terhadap Ketenangan Jiwa: Penelitian di Pondok Pesantren Alquran Al-Falah Cicalengka Jl. Kapten Sangun No. 6 RT01/03 ds. Tenjolaya, Cicalengka, kab. Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (736kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (903kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Mas Rohana Kosasih: “Pengaruh Bimbingan Nada Membaca Alquran Terhadap Ketenangan Jiwa” (Penelitian di Pondok Pesantren Alquran Al-Falah Cicalengka Jl. Kapten Sangun No. 6 RT01/03 ds. Tenjolaya, Cicalengka, kab. Bandung). Alquran adalah sumber rujukan utama yang mampu menjadi penawar dan rahmat bagi setiap orang yang beriman baik pembaca ataupun pendengarnya. Namun faktanya masih banyak yang merasa bahwa bacaan Alquran tidak membekas dalam dada, tak mengobati hati yang luka, tidak semangati jiwa, tentu bukan Allah yang ingkar janji, tetapi kita yang belum memenuhi syarat untuk memenuhi janji-Nya. Maka salah satu syaratnya adalah membaca Alquran dengan baik yakni dengan memperindah bacaannya bukan hanya fasih makhrajul-huruf dan tajwidnya, melainkan lantunan dalam membacanya disertai dengan nada suara yang merdu juga yang mana sekumpulan nada itu memberikan nuansa tertentu, sehingga ia larut dalam kekhusuk’an. Masalah yang akan diteliti adalah: pertama bagaimana pelaksanaan bimbingan nada membaca Alquran terhadap santri. Kedua bagaimana kondisi ketenangan jiwa santri. Ketiga bagaimana hasil bimbingan nada membaca Alquran terhadap ketenangan jiwa santri di pesantren Alquran Al-Falah Cicalengka. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendapat gambaran teoritik dan empirik mengenai pengaruh nada membaca Alquran terhadap ketenangan jiwa. Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa masih banyak orang yang belum mendapatkan ketenangan jiwa ketika membaca ataupun mendengarkan Alquran bimbingan nada membaca Alquran mutlak diperlukan adanya, agar membantu dalam menggapai kekhusyuk’an sehingga melahirkan ketenangan jiwa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, interview, dan angket. Populasi penelitian sebanyak 700 orang terdiri dari 300 orang lelaki dan 400 orang perempuan, mereka adalah santri pesantren Al-Falah Cicalengka, kab. Bandung. Sedangkan teknik pengolahan data digunakan teknik sebagai berikut: teknik mencari mean, standar deviasi, uji normalitas, uji regresi linieritas dan korelasi rank. Rumus-rumus yang dipakai dari Sudjana dan A. Hasan Gaos. Pengaruh bimbingan nada membaca Alquran terhadap ketenangan jiwa di pesantren Alquran Al-Falah Cicalengka, kab. Bandung ada keterkaitan dan mempunyai hubungan yang positif, hal ini terbukti dari perhitungan korelasi rank yang menunjukan hasil sebesar 0,76 lebih kecil dari pada nilai kritis 35 pada presentase 5 dan n = 90. Kata Kunci: Bimbingan, Nada Membaca Alquran, Ketenangan Jiwa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bimbingan; Nada Membaca Alquran; Ketenangan Jiwa;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid
Social Welfare, Problems and Services > Services of Mental Illness
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Mas Rohana Kosasih
Date Deposited: 11 Oct 2018 07:08
Last Modified: 11 Oct 2018 07:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15441

Actions (login required)

View Item View Item