Penggunaan media pembelajaran modifikasi kartu domino untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa: penelitian kuasi eksperimen pada materi trigonometri di kelas X SMK Karya Budi Cileunyi

Kamilah, Sofiatul (2018) Penggunaan media pembelajaran modifikasi kartu domino untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa: penelitian kuasi eksperimen pada materi trigonometri di kelas X SMK Karya Budi Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (457kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kurang nampak, hal ini berakibat pada hasil belajar yang kurang memuaskan. Selain itu, materi matematika dipandang dan kurang menarik. Guru masih mendominasi proses pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, siswa merasa bosan jika guru hanya menggunakan metode ceramah, dan tanya jawab. Media pembelajaran modifikasi kartu domino adalah suatu proses pembelajaran yang menggunakan modifikasi kartu domino sebagai sumber belajar siswa. Dalam hal ini siswa akan lebih berperan aktif dalam kegiatan belajar dan guru sebagai fasilitator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran, mengetahui peningkatan dan pencapaian kemampuan berpkir kreatif matematika, mengetahui disposisi atau sikap setiap siswa terhadap pengguanaan media pembelajaran modifikasi kartu domino. Penelitian ini dilakukan di kelas X-B Multimedia SMK Karya Budi Cileunyi. Keterlaksanaan pembelajaran matematika menggunakan media pembelajaran modifikasi kartu domino menunjukkan bahwa aktifitas guru dan siswa pada setiap pertemuannya dapat terlaksana dengan kategori sangat baik secara keseluruhan. Terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan dengan menggunakan hasil data gain maupun pencapaian yang menggunakan data posttest kemampuan kreatifitas mkatematika dan secara keseluruhan mengalami perbedaan dengan rata-rata tinggi. Pada umumnya siswa merespon baik penggunaan media pembelajaran modifikasi kartu domino dengan hasil analisis sebesar 76,47%. Dengan demikian pembelajaran menggunakan media pembelajaran modifikasi kartu domino dapat dijadikan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan kreatif matematika siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Berpikir kreatif; modifikasi kartu domino
Subjects: Mathematics
Indoor Game and Amusements
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Sofiatul SK Kamilah
Date Deposited: 11 Oct 2018 02:26
Last Modified: 11 Oct 2018 02:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15378

Actions (login required)

View Item View Item