Pengaruh pupuk bohasi sampah pasar dan tepung cangkang telur ayam terhadap pertumbuhan tanaman pakchoi (Brassica rapa L.) varietas nauli

Nurzeha, Fahmi (2018) Pengaruh pupuk bohasi sampah pasar dan tepung cangkang telur ayam terhadap pertumbuhan tanaman pakchoi (Brassica rapa L.) varietas nauli. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy

Abstract

Pakchoi (Brassica rapa L.) merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Salah satu kendala dalam budidaya pakchoi saat ini adalah alih fungsi lahan dan penurunan kualitas lahan pertanian sehingga berpengaruh terhadap produksi tanaman pakchoi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara dosis pupuk bohasi sampah pasar dan dosis tepung cangkang telur ayam serta untuk menentukan dosis optimum pupuk bohasi sampah pasar dan tepung cangkang telur ayam yang memberikan pengaruh terbaik secara mandiri terhadap pertumbuhan tanaman pakchoi (Brassica rapa L.). Penelitian dilaksanakan pada bulan November sampai Desember 2017 di screen house atau rumah plastik kebun percobaan Fakultas Pertanian UNPAD Ciparanje Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Ketinggian tempat ± 753 m dpl. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental berupa Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan dua faktor, faktor pertama adalah dosis pupuk bohasi sampah pasar (0 g tanaman-1, 15 g tanaman-1, 30 g tanaman-1, dan 45 g tanaman-1) dan faktor kedua adalah dosis tepung cangkang telur ayam (0 g tanaman-1, 20 g tanaman-1, dan 40 g tanaman-1), sehingga terdapat 12 kombinasi perlakuan yang diulang sebanyak tiga kali. Uji lanjut yang digunakan adalah Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan tidak terjadi interaksi antara dosis pupuk bohasi sampah pasar dengan dosis tepung cangkang telur ayam terhadap pertumbuhan tanaman pakchoi. Secara mandiri taraf perlakuan pupuk bohasi sampah pasar a1 (15 g tanaman-1) berpengaruh terhadap tinggi tanaman dan taraf a3 (45 g tanaman-1) berpengaruh terhadap jumlah daun. Dosis tepung cangkang telur ayam b2 (40 g tanaman-1) berpengaruh terhadap tinggi tanaman dan jumlah daun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pakchoi; Dosis; Bohasi sampah pasar; dan Tepung cangkang telur ayam.
Subjects: Specific Techniques of Agriculture
Specific Techniques of Agriculture > Cultivation
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Fahmi Nurzeha Nurzeha
Date Deposited: 12 Oct 2018 08:24
Last Modified: 12 Oct 2018 08:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15371

Actions (login required)

View Item View Item