Pengaruh model Project Based Learning melalui pembuatan kaos Education terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem organ pada manusia

Mulyani, Harista (2018) Pengaruh model Project Based Learning melalui pembuatan kaos Education terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem organ pada manusia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum 2013 menerapkan penguatan dalam pembelajaran yang salah satunya mencakup siswa diharuskan berpikir logis, kritis, aktif dan kreatif. Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu hal yang harus dikembangkan dalam kehidupan dinamis dan demokratis. Berdasarkan hal tersebut model project based learning melalui pembuatan kaos education merupakan solusi bagi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan keterampilan berpikir kritis yang dimiliki oleh siswa pada materi sistem organ manusia dengan menggunakan model project based learning melalui pembuatan kaos education serta pengaruhnya terhadap siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes, angket kuisioner serta lembar observasi. Penelitian menggunakan quasi eksperimen. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji t-hipotesis serta uji N-gain. Pengumpulan data diperoleh dari 10 soal uraian untuk pretest dan postest melibatkan 62 siswa. Hasil penelitian pada kelas eksperimen memiliki rata-rata N-gain sebesar 0,40 dengan kriteria sedang sedangkan dengan kelas yang tidak menggunakan model penelitian memiliki nilai N-gain sebesar 0,33 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil analisis data postest diperoleh nilai Thitung sebesar 1,98 lebih kecil < dari Ttabel sebesar 2,00 pada taraf signifikan 5%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang tidak signifikan pada keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem organ manusia menggunakan model project based learning melalui pembuatan kaos education.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning; Keterampilan Berpikir Kritis; Kaos Education; Sistem Organ pada Manusia
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Harista Harista Mulyani
Date Deposited: 12 Oct 2018 07:15
Last Modified: 12 Oct 2018 07:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15353

Actions (login required)

View Item View Item