Studi air untuk Thaharah berdasarkan pengaruh volume air terhadap dinamika kebutuhan oksigen dan perubahan warna zat terlarut metilen biru

Halimah, Sandi (2018) Studi air untuk Thaharah berdasarkan pengaruh volume air terhadap dinamika kebutuhan oksigen dan perubahan warna zat terlarut metilen biru. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy

Abstract

Thaharah memiliki persyaratan air yang dapat digunakan, salah satunya ialah air minimal dua qullah tanpa aerasi. Hal ini sebenarnya berkaitan dengan masalah pengenceran/pemekatan larutan, suspensi, atau koloid. Ditetapkan sebagai 2 qullah (sekitar 200-300 dm3), atau lebih dari 2 qullah untuk air yang tidak mengalir, memiliki hikmah yang rasional dalam masalah kualitas air sebagai penyuci, lebih jauh sebagai pembersih, agar umat Islam tidak menggunakan air yang tidak memenuhi persyaratan kesehatan. Pembatasan air ini memiliki makna bahwa volume berpengaruh terhadap laju pencemaran air, maka penelitian ini dimaksudkan untuk menggambarkan secara ilmiah hadits mengenai air untuk thaharah minimal dua qullah pada air sumur dengan variasi volume skala laboratorium dan variasi penambahan metilen biru sebagai sumber senyawa organik yang sengaja ditambahkan guna memperjelas perbandingan nilai pencemar. Sampel yang digunakan pada penelitian ini memang masih jauh dari batasan air dua qullah namun penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan rujukan yang mudah dipahami masyarakat luas sebagai pemahaman batasan air untuk thaharah ini. Setiap komposisi kemudian didiamkan selama dua puluh lima hari serta dilakukan sampling setiap lima hari sekali untuk mengetahui pengaruh waktu terhadap pencemaran air. Seluruh sampel air dilakukan analisis COD, analisis warna dengan metode Pt-Co serta analisis Total Padatan Tersuspensi. Hasil yang diperoleh yaitu semakin tinggi volume air maka semakin rendah tingkat kenaikan COD, namun berbanding terbalik jika semakin tinggi penambahan metilen biru maka semakin tinggi pula tingkat kenaikan COD, hal ini berbanding lurus dengan hasil analisis Total Padatan Tersuspensi, sedangkan untuk hasil analisis warna terjadi penurunan namun cenderung tetap karena senyawa metilen biru yang sukar mengurai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Air untuk Thaharah; dua qullah; COD; Pt-Co; Total Padatan Tersuspensi.
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bersuci
Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Kimia
Depositing User: sandi sandi halimah usan
Date Deposited: 10 Oct 2018 03:17
Last Modified: 10 Oct 2018 03:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15328

Actions (login required)

View Item View Item