Penerapan model pembelajaran Picture And Picture (PAP) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan

Alawiyah, Desi Urbatul (2018) Penerapan model pembelajaran Picture And Picture (PAP) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (542kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis pada siswa dengan melihat Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan proses penerapan model pembelajaran picture and picture pada materi Perubahan Lingkungan. Untuk menganalisis hasil kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan model pembelajaran picture and picture pada materi Perubahan Lingkungan. Untuk menganalisis respon pada model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan Penelitian ini menggunakan metode preeksperimen dengan desain one group pretest-postest design Penelitian ini dilakukan di MA MAI Purwakarta, kabupaten Purwakarta. Sampel satu kelas yaitu di kelas X IPA 3 dengan jumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest posttest. Data hasil keterlaksanaan observasi aktivitas guru dan siswa dengan menggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 97,91% dan 95,83% dengan kategori sangat baik. Hasil kemampuan berpikir kritis siswa memiliki nilai rata-rata 87,74 dengan kategori baik. Rata-rata respon siswa terhadap pembelajaran perubahan lingkungan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture adalah 88,13% sangat kuat. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembeajaran picture and picture mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Picture And Picture (PAP); Kemampuan Berpikir Kritis; Perubahan Lingkungan
Subjects: Biology
Biology > Wildlife Watching
Ecology > Environmental Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Desi Urbatul Alawiyah
Date Deposited: 10 Oct 2018 04:19
Last Modified: 10 Oct 2018 04:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15320

Actions (login required)

View Item View Item