Kesulitan siswa dalam baca tulis Al-Quran hubungannya dengan motivasi mereka mengikuti mata pelajaran pendidikan agama Islam: Penelitian kelas VII SMP Laboratorium Percontohan UPI Kampus Cibiru

Lestari, Mutia (2018) Kesulitan siswa dalam baca tulis Al-Quran hubungannya dengan motivasi mereka mengikuti mata pelajaran pendidikan agama Islam: Penelitian kelas VII SMP Laboratorium Percontohan UPI Kampus Cibiru. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (460kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dari adanya kesenjangan tentang tanggapan siswa terhadap kesulitan dalam baca tulis Al-Quran dengan motivasi mereka. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan, kenyataannya masih banyak siswa yang kurang dalam baca tulis Al-Quran seperti belum fasih dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyah dan kurang menguasai ilmu tajwid padahal antusias siswa dalam mengikuti pelajaran PAI cukup tinggi bila dilihat dari segi kehadirannya dan siswa juga merespon baik pelatihan-pelatihan khusus bagi siswa yang kurang dalam baca tulis Al-Qurannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Realitas kesulitan siswa dalam baca tulis Al-Quran; (2) Realitas motivasi mereka dalam mengikuti mata pelajaran Pendidikan Agama Islam; (3) Realitas hubungan kesulitan dalam baca tuilis Al-Quran dengan motivasi mereka mengikuti mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini didasarkan dari pemikiran bahwa motivasi siswa adalah sebagai suatu proses yang menentukan tingkatan kegiatan, intensitas, konsistensi serta arah umum dari tingkah laku manusia. Oleh sebab itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi tingkat kesulitan siswa dalam membaca tulis Al-Quran maka semakin rendah motivasi mereka dalam mengikuti mata pelajaran PAI. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan. (1) Kesulitan siswa dalam baca tulis Al-Quran (variable X) diperoleh 4,14 nilai tersebut kualifikasi positif. (2) Motivasi mereka mengikuti mata pelajaran pendidikan agama islam (variable Y) diperoleh 3,31 nilai tersebut kualifikasi positif. (3) Realitas antara kesulitan siswa dalam baca tulis Al-Quran hubungannya dengan motivasi mereka mengikuti mata pelajaran pendidikan agama Islam ditunjukkan oleh angka koefisien 0,4, termasuk korelasi sedang. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh t hitung lebih kecil dari t tabel yaitu th (2,30) < tt (26,6) dengan tarif signifikan 5% artinya hipotesis ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar; motivasi; siswa;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Special Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mutia lestari
Date Deposited: 10 Oct 2018 07:55
Last Modified: 10 Oct 2018 07:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15261

Actions (login required)

View Item View Item