Hubungan Antara Komitmen Beragama dan Integritas Moral Pada Mahasiswa UIN SUnan Gunung Djati Bandung Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dan Fakultas Sains dan Teknologi Angkatan 2013

Dharmawan, Arrya (2016) Hubungan Antara Komitmen Beragama dan Integritas Moral Pada Mahasiswa UIN SUnan Gunung Djati Bandung Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik dan Fakultas Sains dan Teknologi Angkatan 2013. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_covver.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrack.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.docx
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Ajaran agama bukan sekedar pada mengetahui, memahami dan menjalankan ritual, akan tetapi mengamalkan ajaran dan nilai-nilai agama merupakan suatu perbuatan yang kompleks. Dengan tingkat komitmen yang tinggi mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung akan memiliki komitrmen yang kuat terhadap agama yang dianutnya dan diharapkan akan berfungsi sebagai pengontrol terhadap semua aspek kehidupan termasuk perilakunya. Integritas moral merupakan moral yang paling menyeluruh dan melibatkan kejujuran, kesadaran dan penalaran mengenai motif dan keyakinan moral pada seseorang. Sejalan dengan integritas moral, dimana terbentuk atas filosofis (keyakinan moral, konsistensi perilaku moral dan publikasi moral) dan psikologis (perasaan, perilaku dan pikiran) (Olson,1998). Adapun pengertian dari komitmen beragama menurut Glock & Stark (1965) adalah kemampuan yang dimiliki individu dalam menetapkan dan menginternalisasikan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari sehingga akan tercermin dalam keyakinan, perilaku dan moralitas yang sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya. Sedangkan pengertian integritas moral menurut Olson (1998) bahwa integritas moral dihasilkan dari kecenderungan psikologis yang membantu individu dalam memahami perilaku yang baik dan salah. Semakin tinggi komitmen beragama individu, maka akan semakin tinggi pula integritas moral individu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik serta Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung Angkatan 2013 dengan sampel sebanyak 229 subjek. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan program SPSS versi 20. Adapun ujin hipotesis yang digunakan adalah menggunakan teknik korelasi Rank Spearman. Hasil analisis data menunjukkan nilai korelasi rs = 0,604 dengan ρvalue = 0,000 < α = 0,05. Dengan demikian berarti H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat hubungan antara komitmen beragama dengan integritas moral pada mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2013.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: : Komitemen Beragama; Integritas Moral
Subjects: Psychology > General Publications of Psychology
Psychology > Psychologist
Religious Ethics
Moral Theology > Virtues
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: ARRYA DHARMAWAN
Date Deposited: 05 Oct 2018 08:21
Last Modified: 05 Oct 2018 08:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15092

Actions (login required)

View Item View Item