Peningkatan kemampuan berpikir lateral matematis melalui metode Six Hats De Bono dan Self-Regulated Learning siswa: Penelitian quasi eksperimen terhadap siswa kelas VIII SMPN 1 Tanjungsari

Purnamasari, Sinta (2018) Peningkatan kemampuan berpikir lateral matematis melalui metode Six Hats De Bono dan Self-Regulated Learning siswa: Penelitian quasi eksperimen terhadap siswa kelas VIII SMPN 1 Tanjungsari. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (502kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (769kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir lateral matematis siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan di SMPN 1 Tanjungsari. Salah satu cara untuk membantu meningkatkan kemampuan berpikir lateral adalah dengan menerapkan metode Six Hats De Bono. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) perbedaan peningkatan kemampuan berpikir lateral matematis antara yang menggunakan metode Six Hats De Bono dengan pembelajaran konvensional; (b) perbedaan pencapaian kemampuan berpikir lateral matematis antara yang menggunakan metode Six Hats De Bono dengan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM; (c) self-regulated learning siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan metode Six Hats De Bono; (d) hambatan dan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir lateral matematis. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Data yang diperoleh menggunakan instrumen tes dan nontes. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir lateral matematis antara yang menggunakan metode Six Hats De Bono dengan pembelajaran konvensional; (b) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan berpikir lateral matematis antara yang menggunakan metode Six Hats De Bono dengan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM; (c) self-regulated learning siswa memberikan sikap positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan metode Six Hats De Bono; (d) kesulitan yang dialami siswa dapat diminimalisir dengan cara pemberian latihan soal non rutin. Kesimpulan: Metode Six Hats De Bono dapat memfasilitasi proses mengkontruksi pengetahuan, berinteraksi sosial, menggunakan media, penemuan, dan refleksi, sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikir lateral dan self-regulated learning siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Six Hats De Bono; Kemampuan Berpikir Lateral Matematis; Self-Regulated Learning
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Applied mathematics > Statistical Mathematics
Applied mathematics > Descriptive Statistical Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Sinta Purnamasari
Date Deposited: 09 Oct 2018 07:32
Last Modified: 09 Oct 2018 07:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/15075

Actions (login required)

View Item View Item