Pengaruh model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan mind mapping terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan: Penelitian Quasi Eksperimen pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Cileunyi Kabupaten Bandung

Robbani, Ega Maghfiroh (2018) Pengaruh model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan mind mapping terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan: Penelitian Quasi Eksperimen pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Cileunyi Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (778kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan berpikir kritis yang dimiliki oleh siswa, maka model pembelajaran CIRC dengan mind mapping diterapkan agar keterampilan berpikir kritis siswa dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran CIRC dengan mind mapping terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan VIII-C sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar diskusi siswa, wacana pembelajaran, tes keterampilan berpikir kritis dan angket. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan model CIRC dengan mind mapping berjalan dengan sangat baik. Keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen meningkat dengan N-Gain 0,68 dan kelas kontrol sebesar 0,35. Hasil uji t menunjukkan pembelajaran dengan model CIRC dengan mind mapping berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan. Respon siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan model CIRC dengan mind mapping memiliki nilai rata-rata 74,70%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model circ; mind mapping; berpikir kritis; sistem pernapasan
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ega Maghfiroh Robbani
Date Deposited: 17 Oct 2018 04:22
Last Modified: 17 Oct 2018 04:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14960

Actions (login required)

View Item View Item