Analisis waktu berakhirnya gempabumi susulan dengan menggunakan metode Omori, Mogi I, Mogi II, dan Utsu untuk kejadian gempabumi di Indonesia tahun 2009-2017

Rohmawati, Tita (2018) Analisis waktu berakhirnya gempabumi susulan dengan menggunakan metode Omori, Mogi I, Mogi II, dan Utsu untuk kejadian gempabumi di Indonesia tahun 2009-2017. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan wilayah yang memiliki tingkat seismisitas yang tinggi karena berada pada wilayah pertemuan tiga lempeng tektonik aktif yang menyebabkan banyaknya zona-zona subduksi dan zona patahan sehingga menjadi sumber terjadinya gempabumi. Gempabumi dengan kekuatan yang besar tidak hanya melepaskan energi satu kali saja pada saat gempabumi utama (mainshock), melainkan akan dilepaskan lagi pada gempa-gempa susulan (aftershocks). Gempabumi susulan merupakan gempabumi yang terjadi setelah gempabumi utama dengan magnitudo yang lebih kecil yang terjadi pada wilayah yang sama. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui waktu berakhirnya aktivitas gempabumi susulan pada masing-masing wilayah di Indonesia dan untuk mengetahui metode perhitungan peluruhan gempabumi yang paling akurat pada masing-masing wilayah di Indonesia. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Omori, Mogi I, Mogi II, dan Utsu yang diolah menggunakan metode kuadrat terkecil (least square method). Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis bahwa untuk memperkirakan waktu berakhirnya gempabumi susulan disetiap wilayah berbeda-beda, Wilayah Sumatera lebih cocok dengan menggunakan metode Omori karena hasilnya mendekati hasil riil dilapangan, untuk wilayah Jawa cocok menggunakan metode Omori, wilayah Papua menggunakan metode Mogi II, wilayah Sulawesi cocok menggunakan metode Omori, wilayah Maluku menggunakan metode Utsu, sedangkan metode yang tepat untuk wilayah Kalimantan adalah metode Mogi II. ABSTRACT Indonesia is a region with high seismicity because it is a meeting area of three active tectonic plates causing many subduction zones and fault zones to become a source of earthquakes. Earthquakes with great strength not only release a single energy during the main earthquake (mainshock), but will be released again in aftershocks. Aftershocks are earthquakes that occur after the major earthquakes with smaller magnitudes that occur in the same region. The purpose of this research is to know the ending time of earthquake supplementary activity in each region in Indonesia and to know the method of calculation of earthquake decay the most accurate in each region in Indonesia. Method used in this research that is method of Omori, Mogi I, Mogi II, and Utsu are processed using least squares method. Based on the data processing and analysis that to predict earthquake in every region is different, while the region of Sumatra is using Omori method because the result is close to the real field results, for Java region match using Omori method, Papua region using Mogi II method, Sulawesi region suitable using Omori method, Maluku region using Utsu method, while the right method for Kalimantan is the Mogi II method.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gempabumi susulan;metode kuadrat terkecil;Omori;Mogi I; Mogi II;Utsu
Subjects: Earth, Astronomical Geography
Physics
Geology
Geology of Asia
Geology of Asia > Seismography
Geology of Asia > Geology of Indonesia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Fisika
Depositing User: Tita Rohmawati
Date Deposited: 03 Oct 2018 07:26
Last Modified: 03 Oct 2018 07:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14903

Actions (login required)

View Item View Item