Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis discovery learning pada materi plantae: penelitian research and development pada siswa kelas X IPA di SMA AL-ISLAM Kota Bandung

Andiani, Popi (2018) Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis discovery learning pada materi plantae: penelitian research and development pada siswa kelas X IPA di SMA AL-ISLAM Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran tidak hanya ditunjang dari aspek kesiapan guru saja, tetapi siswa juga harus siap dan memerlukan media pembelajaran yang digunakan siswa secara mandiri yaitu Lembar Kerja Siswa (LKS). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Discovery Learning pada materi Plantae (tumbuhan) merupakan salah satu media yang dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengembangkan LKS, (2) menganalisis validasi LKS dan (3) menganalisis respon siswa terhadap LKS berbasis Discovery Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan desain penelitian 3D (Define, Design, Develope). Penelitian dilaksanakan di kelas X IPA SMA AL-ISLAM Bandung. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA yang berjumlah 30 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu cluster jenuh dimana sampel yang diambil hanya satu kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS valid dan dapat digunakan dengan memperoleh persentase rata-rata validasi sebesar 76,94% dan hasil respon siswa terhadap LKS memperoleh persentase 98,31%. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Discovery Learning pada materi Plantae (tumbuhan) dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa; Pengembangan Lembar Kerja Siswa; Discovery Learning; LKS berbasis Discovery Learning; Plantae.
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Popi Andiani
Date Deposited: 03 Oct 2018 06:37
Last Modified: 03 Oct 2018 06:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14892

Actions (login required)

View Item View Item