Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 terhadap Tingkat Perilaku Kreatif Siswa di Lingkungan Sosial: Studi Korelasi antara Kurikulum 2013 dengan Tingkat Kreatifitas Siswa di SMAN 1 Padalarang

Yuliawati, Lia (2018) Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 terhadap Tingkat Perilaku Kreatif Siswa di Lingkungan Sosial: Studi Korelasi antara Kurikulum 2013 dengan Tingkat Kreatifitas Siswa di SMAN 1 Padalarang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DARTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)

Abstract

Lia Yuliawati: Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Tingkat Perilaku Kreatif Siswa di Lingkungan Sosial (Studi Korelasi Antara Kurikulum 2013 dengan Tingkat Perilaku Kreatifitas Siswa di SMAN 1 Padalarang) Kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru yang orientasinya harus menyeimbangkan antara kompetensi sikap, keterampilan dan pengetahuan. Artinya, kurikulum 2013 menuntut peserta didik untuk aktif, kreatif dan mandiri. Peserta didik dituntut lebih sering bertanya bukan ditanyai. Maka disini kreativitas peserta didik sangat dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan kurikulum 2013 dan kreativitas peserta didik, kemudian apakah ada pengaruh penerapan kurikulum 2013 terhadap tingkat perilaku kreatif siswa di lingkungan sosial yaitu di SMAN 1 Padalarang. Teori yang digunakan adalah teori Sholeh Hidayat yaitu teori tentang kurikulum 2013 dan teori Saifudin tentang Kreativitas. Menurut Sholeh Hidayat kurikulum 2013 yaitu meningkatkan dan menyeimbangkan sikap, keterampilan dan pengetahuan. Kreativitas kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru. Sebagai teori pendukung penulis merelevansikan dengan teori sosiologi dari Talcott Parson tentang Struktural Fungsional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriftif. Dengan populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII di SMAN 1 Padalarang dengan menarik sampel 86 responden. Data yang diperoleh dari sampel populasi penelitian dianalisis sesuai dengan metode statistik yang digunakan kemudian diinterprestasikan Hasil penelitian ini menunujukkan pada penerapan Kurikulum 2013 dengan persentase 69,83% yang berada pada rentang kelas 62,5% - 81,25%, sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan Kurikulum 2013 sudah baik. Perilaku Kreatif dengan persentase 76,85% yang berada pada rentang kelas 62,5% - 81,25% dapat disimpulkan bahwa Perilaku Kreatif sudah baik. Konstanta (a) sebesar 21,475, artinya jika penerapan kurikulum 2013 bernilai 0 (nol), maka perilaku kreatif akan bernilai sebesar 21,475. Koefisien regresi (b) sebesar 0,515, artinya jika penerapan kurikulum 2013 memberikan kontribusi pengaruh sebesar 28,9% terhadap perilaku kreatif, sedangkan sisanya sebanyak 100% - 28,9% = 71,1% merupakan kontribusi pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti. Diketahui t tabel, dengan derajat keabsahan df yaitu n-2=84, maka nilai 0,05;84 dapat diketahui dari distribusi nilai t tabel yang terlampir yaitu sebesar 1,663 kemudian uji tersebut dapat diketahui bahwa angka t hitung sebesar 5,842 lebih besar dari t tabel yaitu 1,663. Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak H1 diterima, artinya ada pengaruh penerapan kurikulum 2013 terhadap tingkat perilaku kreatif siswa dilingkungan sosial SMAN 1 Padalarang

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kurikulum 2013;Kreatifitas
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: LIA YULIAWATI
Date Deposited: 05 Oct 2018 02:08
Last Modified: 05 Oct 2018 02:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14887

Actions (login required)

View Item View Item