Hubungan antara kemampuan siswa membuat peta konsep dengan keterampilan berkomunikasi siswa pada materi sistem saraf: penelitian korelasional pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Serang

Nisfia, Rakhmatun (2018) Hubungan antara kemampuan siswa membuat peta konsep dengan keterampilan berkomunikasi siswa pada materi sistem saraf: penelitian korelasional pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Serang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_ Cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ Abstrak.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_ daftar isi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_ bab 1.pdf

Download (408kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_ bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_ bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_ bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_ bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
9_ Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang harus bertindak lebih aktif dan kreatif saat pembelajaran di kelas, maka strategi pembelajaran peta konsep diterapkan agar pembelajaran semakin bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan strategi peta konsep dengan keterampilan berkomunikasi siswa. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Sampel penelitian yang digunakan satu kelas sebanyak 36 siswa yaitu kelas XI MIPA 4. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Instrumen penelitian diantaranya lembar observasi, tes peta konsep, wacana sistem saraf, tes keterampilan berkomunikasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan strategi peta konsep berjalan dengan sangat baik. Kemampuan siswa membuat peta konsep dalam kategori sedang dengan rata-rata 73.94. Keterampilan berkomunikasi siswa setelah dilakukan pretest dan posttest meningkat dengan perhitungan N-Gain pada katergori sedang sebesar 0.32. Hubungan siswa membuat peta konsep dengan keterampilan berkomunikasi siswa sebesar 0.80 pada kategori tinggi, hasil uji hipotesis menunjukan r hitung (0.80) > r tabel (0.34) artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, maka strategi peta konsep berhubungan kuat dengan keterampilan berkomuikasi tulisan dan membantu siswa pada pembelajaran materi sistem saraf.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: korelasi; Peta Konsep; Keterampilan Berkomunikasi; Sistem Saraf
Subjects: Biology > Biologist
Education and Research of History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nisfia Rakhmatun Nisa
Date Deposited: 25 Oct 2018 04:18
Last Modified: 25 Oct 2018 04:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14885

Actions (login required)

View Item View Item