Pembelajaran saintifik menggunakan majalah kimia pada konsep koloid untuk mengembangkan literasi kimia siswa: penelitian kelas terhadap siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Rengasdengklok

Prihastuti, Indri (2018) Pembelajaran saintifik menggunakan majalah kimia pada konsep koloid untuk mengembangkan literasi kimia siswa: penelitian kelas terhadap siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Rengasdengklok. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas siswa, menganalisis pengembangan kemampuan literasi kimia siswa dalam menyelesaikan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada setiap tahapan saintifik, dan menganalisis kemampuan literasi kimia siswa setelah pembelajaran. Metode yang digunakan adalah penelitian kelas dengan desain penelitian one-shot case study. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMAN 1 Rengasdengklok yang berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas peneliti dan siswa, LKS, tes kemampuan literasi kimia. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa mencapai kategori sangat baik dengan persentase rata-rata 96%. Pengembangan kemampuan literasi kimia siswa dalam menyelesaikan LKS pada setiap tahapan saintifik menggunakan majalah kimia mencapai kategori sangat baik dengan nilai rata-rata yaitu 91, dan nilai rata-rata tertinggi pada tahap mengkomunikasikan 95 dengan indikator sikap dan nilai rata-rata terendah pada tahap mengasosiasi 87 dengan indikator proses. Kemampuan literasi kimia siswa memperoleh nilai rata-rata 84 dengan kategori sangat baik. Nilai 96 dengan indikator konteks; nilai 79 dengan indikator konten; dan nilai 77 dengan indikator proses. Dengan demikian pembelajaran saintifik menggunakan majalah kimia pada konsep koloid dapat mengembangkan literasi kimia siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran saintifik; majalah kimia; literasi kimia; koloid
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Indri Prihastuti Sukarna
Date Deposited: 24 Oct 2018 04:06
Last Modified: 24 Oct 2018 04:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14790

Actions (login required)

View Item View Item