Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis melalui model pembelajaran problem based instruction

Khoeriyah, Ni'matul (2018) Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis melalui model pembelajaran problem based instruction. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based instruction terhadap 33 siswa. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes. Pengolahan data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata yaitu uji T independent. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan dari setiap pertemuan baik yang menggunakan model pembelajaran problem based instruction maupun konvensional; (b) kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas eksperimen dan kelas control berada pada klasifikasi baik setelah perlakuan; (c) Hasil analisi gain menunjukan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based instruction lebih baik daripada peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (d) Kesulitan siswa dapat diminimalisisr dengan cara pemberian latihan soal non-rutin; (e) Siswa di kelas eksperimen maupun kelas control merespon positif terhadap model pembelajaran. Pembelajaran problem based instruction mampu membuat siswa mengontruksi pengetahuannya secara mandiri, berinteraksi social, melakukan penemuan baru, serta melakukan refleksi sehinggga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: problem based instruction; berpikir kritis matematis
Subjects: Education, Research
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: NIMATUL KHOERIYAH NIMAH
Date Deposited: 09 Oct 2018 07:35
Last Modified: 09 Oct 2018 07:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14718

Actions (login required)

View Item View Item