Penyelesaian masalah transportasi Fuzzy menggunakan Advanced Approximation Method (AAM), Modified Vogel's Approximation Method (MVAM) dan metode ASM

Septianti, Asti (2018) Penyelesaian masalah transportasi Fuzzy menggunakan Advanced Approximation Method (AAM), Modified Vogel's Approximation Method (MVAM) dan metode ASM. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstract.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy

Abstract

Di dalam dunia suatu perusahaan pasti mengalami permasalahan transportasi. Masalah transportasi ini diperlukan untuk menjadwalkan suatu pengiriman barang dengan tujuan untuk meminimumkan biaya transportasi. Tujuan dari model transportasi adalah merencanakan pengiriman sesuatu dari sumber-sumber ke tujuan sedemikian rupa untuk meminimumkan total biaya transportasi. Dalam tugas akhir ini ada beberapa metode untuk memecahkan masalah transportasi fuzzy, disini dijelaskan tiga metode untuk membandingkan yang mana metode terbaik untuk mendapatkan solusi yang optimal yaitu Pertama Advanced Approximation Method (AAM), dengan langkah menemukan elemen terkecil di setiap baris dan kolom dari tabel biaya fuzzy yang diberikan dengan cara menambahkannya kemudian kurangkan dari setiap elemen dari baris, Mempunyai hasil untuk kasus unbalanced yaitu 100,5 dan hasil kasus balanced yaitu 1731,67. Kedua Modified Vogel’s Approximation Method (MVAM), dengan langkahnya mendapatkan matriks TOC. Mempunyai hasil untuk kasus unbalanced yaitu 100,5 dan hasil kasus balanced yaitu 1851,67. Ketiga Metode ASM (Abdul, Shakel, dan M.Khalid), dengan langkahnya mengurangi nilai setiap baris dan kolom pada tabel transportasi dengan nilai minimum pada setiap baris dan kolom kemudian memilih nilai nol pertama pada matriks biaya. Mempunyai hasil untuk kasus unbalanced yaitu 121,67 dan hasil kasus balanced yaitu 1851,67. Permintaan dan Persediaan produk diwakili dengan bilangan fuzzy segitiga. Selain tiga metode ini pun terdapat metode lain diantaranya metode Samuel Raja (SR), Zerro Suffix, Shimshak Vogel’s Approximation Method (SVAM), Goyal Vogel’s Approximation Method (GVAM), dan Balakrishnan Vogel’s Approximation Method (BVAM).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Transportasi fuzzy; Advanced Approximation Method (AAM); Modified Vogel’s Approximation Method (MVAM); Metode ASM; bilangan fuzzy segitiga.
Subjects: Applied mathematics
Applied mathematics > Mathematical Optimization
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika
Depositing User: Asti Septianti
Date Deposited: 05 Dec 2018 02:22
Last Modified: 05 Dec 2018 02:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14708

Actions (login required)

View Item View Item