Upaya meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran IPA melalui penerapan metode resitasi(metode penugasan): penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V MI Nurul Huda Cigentur

Fadlilatul Haq, Soviatussholihat (2018) Upaya meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran IPA melalui penerapan metode resitasi(metode penugasan): penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V MI Nurul Huda Cigentur. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
8_bab5.pdf

Download (172kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertolak dari munculnya permasalahan yang terjadi dikelas V MI Nurul Huda Cigentur tentang rendahnya pemahaman siswa pada pembelajaran IPA yang belum mencapai KKM 70. Hal tersebut diidentifikasi dari kurangnya kesiapan siswa dan alokasi waktu yang terbatas sehingga penyampaian materi kurang efektif untuk dipahami oleh siswa itu sendiri. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan proses pembelajaran yang mampu mengoptimalkan keefektifan waktu serta mampu merangsang siswa untuk belajar yaitu menggunakan metode resitasi (penugasan). Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pemahaman siswa kelas V di MI Nurul Huda pada pembelajaran IPA sebelum diterapkan Metode Resitasi (Metode Penugasan), (2) Untuk mengetahui realitas penerapan Metode Resitasi (Metode Penugasan) terhadap pemahaman siswa kelas V di Mi Nurul Huda pada pembelajaran IPA, dan (3) Untuk mengetahui pemahaman siswa kelas V di MI Nurul Huda pada pembelajaran IPA setelah dilaksanakan tindakan menggunakan Metode Resitasi (Metode Penugasan). Metode resitasi (penugasan) adalah suatu cara penyajian pelajaran dengan cara pemberian tugas oleh guru kepada siswa baik berupa individu maupun kelompok dalam waktu yang telah ditentukan dan siswa diminta untuk mempertanggungjawabkan tugas yang dibebankan kepadanya. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi aktivitas guru dan siswa serta menggunakan tes tertulis. Objek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Nurul Huda Cigentur yang berjumlah 27 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pemahaman siswa sebelum menerapkan metode resitasi terlihat masih banyak siswa yang belum tuntas, dari 27 siswa kelas V diperoleh nilai rata-rata seluruh siswa 41,11 dengan persentase sebesar 14,81%. Adapun realitas penerapan metode resitasi pada pembelajaran IPA dengan materi pokok siklus air terlaksana dengan baik dapat dilihat dari aktivitas guru dan siswa yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Persentase aktivitas guru pada siklus I tindakan I 73,33%, siklus I Tindakan II 80%, siklus II tindakan I 93,33% dan siklus II tindakan II 100%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I tindakan I 66,67%, siklus I tindakan II 73,33%, siklus II tindakan I 86,67% dan siklus II tindakan II mencapai 93,33%. Demikian pula pemahaman siswa setelah diterapkan metode resitasi mengalami peningkatan, dapat dilihat persetase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 40,74% dan pada siklus II sebesar 92,59%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode resitasi dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPA dengan materi pokok siklus air pada siswa kelas V MI Nurul Huda Cigentur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode; Pemahaman; Pembelajaran; Penugasan; Resitasi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Soviatussholihat Fadlilatul Haq
Date Deposited: 10 Oct 2018 03:13
Last Modified: 10 Oct 2018 03:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14637

Actions (login required)

View Item View Item