Upaya meningkatkan aktivitas belajar IPS dalam materi jenis pekerjaan melalui media snakes and leadders

Cuhendi, Nadiani Dini (2018) Upaya meningkatkan aktivitas belajar IPS dalam materi jenis pekerjaan melalui media snakes and leadders. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan temuan di Kelas III MI Raudlatul Muta’alimin Citeureup Jatinangor Sumedang bahwa peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran IPS. Hal ini bertolak belakang dengan karakkeristik pembelajaran IPS salah satunya menciptakan pembelajaran aktif. Kurangnya keaktifan peserta didik ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang digunakan hanya metode ceramah yang mengakibatkan proses pembelajaran berpusat pada guru (teacher center). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan Media Snakes and Leadders. serta memberikan gambaran proses pembelajaran dengan menggunakan Media Snakes and Leadders pada pembelajaran IPS Materi "Jenis Pekerjaan" di Kelas III MI Raudlatul Muta’alimin Citeureup Jatinangor Sumedang. Pembelajaran dengan menggunakan media Snakes and Leadders mengharuskan peserta didik menguasai aturan permainan sehingga materi yang diberikan guru dapat difahami dan aktivitas belajar siswa akan menyenangkan dan anak akan mendapat tantangan dari aktivitas belajar materijenis pekerjaan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III MI Raudlatul Muta’alimin Citeureup Jatinangor Sumedang yang terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 9 peserta didik perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik pada setiap siklus melakukan dua tindakan. sebelum menggunakan media Snakes and Leadders diperoleh rata-rata persentase 46,36% dengan kategori “Cukup”. Pada siklus I diperoleh rata-rata persentase aktivitas mengajar guru yakni 97,5% dan pada siklus II diperoleh rata-rata persentase aktivitas mengajar guru yakni 95%. Adapun rata-rata aktivitas belajar peserta didik pada siklus I yakni 55,705% dengan kategori “Cukup” dan pada siklus II rata-rata persentase aktivitas belajar peserta didik yakni 88,95% dengan kategori “Baik Sekali”. Untuk aktivitas peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata persentase yakni 59,64 % dengan kategori “Cukup”. Pada siklus II diperoleh rata-rata persentase aktivitas peserta didik yakni 94,78% dengan kategori “Baik Sekali”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Aktivitas Belajar; Media; Snakes And Leadders;
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Adult Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nadiani Dini Cuhendi
Date Deposited: 31 Oct 2018 07:50
Last Modified: 31 Oct 2018 07:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14635

Actions (login required)

View Item View Item