Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Adobe Flash untuk Mengetahui Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekosistem: Studi Pre-Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Sekolah Rakyat Babelan Kabupaten Bekasi

Amariah, Maryati (2018) Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Adobe Flash untuk Mengetahui Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekosistem: Studi Pre-Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Sekolah Rakyat Babelan Kabupaten Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMA SR Babelan media yang digunakan belum pernah menggunakan media Adobe Flash. Media yang digunakan hanya menggunakan powert point dan video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran, peningkatan hasil belajar, serta respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif Adobe Flash pada materi ekosistem Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dilakukan kelas di SMA SR Babelan, kelas X MIA 1. Data yang diambil di SMA SR Babelan X MIA 1 yaitu lembar observasi, hasil belajar dan respon siswa. Hasil penelitian pada lembar observasi guru bahwa nilai aktivitas guru pada pertemuan pertama yaitu 91% berkualitas sangat baik, sedangkan pada pertemuan kedua didapat data yaitu 89% dengan kualitas sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan pertama menunjukkan keterlaksanaan menggunakan media pembelajaran media interaktif Adobe Flash sebessar 91% dengan kategori sangat baik, sedangkan pada pertemuan kedua menujukkan keterlaksanaan menggunakan media pembelajaran interaktif Adobe Flash sebesar 91% dengan kategori baik. Nilai N-Gain ternormalisasi sebesar 0.45 dengan kategori sedang. Penerapan media pembelajaran Adobe Flash memperoleh respon sebesar 73.5% dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan penerapan media pembelajaran interaktif Adobe Flash dapat meningkatkan hasil belajar pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Adobe Flash; Hasil Belajar Siswa; Materi Ekosistem
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Maryati Amariah Amariah
Date Deposited: 22 Oct 2018 06:57
Last Modified: 22 Oct 2018 06:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14599

Actions (login required)

View Item View Item