Analisis peningkatan penerimaan pendapatan asli daerah Kabupaten Sukabumi: Studi kasus pajak hotel pada Badan Pendapatan Daerah

Mardiyani, Siti (2018) Analisis peningkatan penerimaan pendapatan asli daerah Kabupaten Sukabumi: Studi kasus pajak hotel pada Badan Pendapatan Daerah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy

Abstract

Dikeluarkannya UU No 09 Tahun 2015 Tentang Pemerintahan Daerah, bahwa untuk menyelenggarakan otonomi daerah pemerintahan harus mampu mengurus rumahtangga nya sendiri tanpa harus ikut campur tangan pemerintah pusat. Kabupaten Sukabumi diharapkan mampu mengelola dan memaksimalkan sumber daya yang ada di daerah untuk kelangsungan dan kemajuan daerah itu sendiri. Otonomi daerah menuntut Pemerintahan Kabupaten Sukabumi untuk mengelola dan memaksimalkan sumber daya yang ada di daerah untuk kelangsungan dan kemajuan daerah itu sendiri. Salah satu upaya Pemerintahan Kabupaten Sukabumi dalam meningkatkannya PAD adalah melalui pajak daerah yaitu pajak hotel. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui proses peningkatakan penerimaan pendapatan asli daerah yaitu pajak hotel kabupaten sukabumi. Untuk melihat faktor-faktor apa saja dalam menghambat peningkatan penerimaan pendapatan asli daerah Kabupaten Sukabumi di Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dari Siti Kurnia Rahayu yaitu: 1). Kesejahteraan, kepastian dan kesederhanaan peraturan perundang-undangan perpajakan. 2). Kewajiban pemerintah dalam mengimplementasikan undang-undang perpajakan. 3). Sistem administrasi perpajakan yang tepat. 4). Pelayanan 5). Kesadaran dan pemahaman warga negara. 6). Kualitas petugas pajak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan pendekatan studi kasus. Dengan mendeskripsikan atau menjelaskan bagaimana peningkatan penerimaan pendapatan asli daerah (studi kasus pajak hotel Kabupaten Sukabumi). Metode penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka diperoleh kesimpulan bahwa dalam proses peningkatan penerimaan pendapatan asli daerah (studi kasus pajak hotel kabupaten sukabumi belum berjalan optimal. Sebab ada beberapa faktor-faktor penghambatnya yaitu kurangnya pemahaman wajib pajak mengenai pentingnya membayar pajak. kurang nya pegawai yang kompeten dalam bidang perpajakan, sehingga menjadi penghambat penerimaan pendapatan asli daerah kabupaten sukabumi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerimaan Pajak; PAD; Pajak Hotel
Subjects: Public Finance
Public Finance > Income Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Elga Siti Mardiyani
Date Deposited: 28 Feb 2019 00:52
Last Modified: 28 Feb 2019 00:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14567

Actions (login required)

View Item View Item