Analisis bahan ajar stoikiometri pada buku teks kimia SMA/MA berdasarkan kriteria keterhubungan representasi kimia: Penelitian deskriptif pada buku teks kimia SMA/MA Kabupaten Garut

Ramdhani, Umi Fitri Fajriah Ari (2018) Analisis bahan ajar stoikiometri pada buku teks kimia SMA/MA berdasarkan kriteria keterhubungan representasi kimia: Penelitian deskriptif pada buku teks kimia SMA/MA Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (977kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy

Abstract

Stoikiometri mempelajari perhitungan kimia untuk memecahkan masalah dalam ilmu kimia. Kemampuan representasi merupakan aspek penting untuk memecahkan masalah kimia. Namun bahan ajar seringkali mengabaikan keterhubungan representasi kimia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konten teks konsep stoikiometri berdasarkan struktur makro dan representasi kimia gambar. Dilakukan terhadap buku teks kimia SMA/MA menggunakan kriteria struktur makro Siregar (1995) dan kriteria keterhubungan representasi Gkitzia (2010): (C1) jenis representasi, (C2) interpretasi surface feature, (C3) keterkaitan gambar dengan teks, (C4) keterangan gambar, dan (C5) keterhubungan level representasi. Hasil analisis konten buku teks standar menunjukkan konten lebih banyak disajikan secara kontekstual, sedangkan buku A dan buku B secara konseptual. Berdasarkan struktur makro, alur penyajian buku teks standar, buku A, dan buku B sebagian besar menggunakan alur induktif dengan dimensi elaborasi dan progresi pada buku A dan buku B yang cukup luas dan dalam untuk dipelajari. Hasil analisis representasi gambar yang disajikan pada buku teks standar sebagian besar sudah sesuai kriteria Gkitzia, namun pada buku A dan buku B belum memenuhi kriteria Gkitzia. Dari ketiga buku, lebih banyak menyajikan gambar dengan representasi simbolik; makna dari karakteristik eksplisit dan implisit; teks dengan gambar sepenuhnya terkait dan terhubung; tidak memiliki keterangan gambar; dan representasi multiple cukup dan kurang terhubung

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: buku teks kimia; stoikiometri; kriteria keterhubungan representasi kimia
Subjects: Education, Research
Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Umi Fitri Fajriah Ari Ramdhani
Date Deposited: 03 Oct 2018 06:52
Last Modified: 03 Oct 2018 06:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14555

Actions (login required)

View Item View Item