Penerapan media pembelajaran Timeline Chart untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Penelitian tindakan kelas di kelas V MI Al-Furqon Genteng Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang

Anggiani, Anggiani (2018) Penerapan media pembelajaran Timeline Chart untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Penelitian tindakan kelas di kelas V MI Al-Furqon Genteng Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan yang terdapat pada pembelajaran SKI di kelas V MI Al-Furqon Tanjungsari Kabupaten Sumedang, bahwa hasil belajar kognitif siswa belum mencapai nilai KKM yang ditetapkan yaitu 63. Hal ini dapat terjadi karena pembelajaran yang hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan serta kurang memanfaatkan media pembelajaran. Sehingga proses pembelajaran bersifat membosankan dan siswa kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Hasil belajar kognitif siswa terhadap mata pelajaran SKI sebelum diterapkannya Media Pembelajaran Timeline Chart. 2) Penerapan Media Pembelajaran Timeline Chart pada mata pelajaran SKI. 3) Hasil belajar kognitif siswa setelah diterapkannya Media Pembelajaran Timeline Chart terhadap mata pelajaran SKI pada setiap siklus. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar kognitif siswa ditentukan oleh banyak faktor, salah satunya adalah pemanfaatan media pembelajaran. Maka salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran SKI adalah Media Timeline Chart. Dalam pelaksanaannya Media Timeline Chart dapat membuat pembelajaran menjadi lebih mudah dan efektif. Berdasarkan asumsi tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah penerapan Media Timeline Chart diduga dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran SKI pokok bahasan Abu Bakar Ash-Shiddiq Sang Pembenar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melalui II siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi dan studi dokumentasi. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa 1) Hasil belajar kognitif siswa sebelum menggunakan Media Timeline Chart masih rendah dengan nilai rata-rata 51,71 dan ketuntasan belajar klasikalnya hanya mencapai 20%. 2) Penerapan Media Timeline Chart berjalan baik sesuai dengan tahapannya, aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan dalam setiap siklus. Pada siklus I aktivitas guru mencapai 85,29% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 92,10% dengan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 76,66% kemudian meningkat pada siklus II menjadi 84,99% dengan kategori sangat baik. 3) Hasil belajar siswa setelah diterapkannya Media Timeline chart juga mengalami peningkatan. Pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 76,66% kemudian meningkat pada siklus II dengan persentase sebesar 90%. Dengan demikian, Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan telah selesai sesuai dengan tujuan yang diharapkan yakni dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran SKI pokok bahasan Abu Bakar Ash-Shiddiq Sang Pembenar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Kognitif; Media Timeline Chart; SKI
Subjects: Islam > Historical, Geographic of Islam
Islam > Islamic History
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Education and Research of History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anggiani anggi ~
Date Deposited: 28 Feb 2019 00:47
Last Modified: 28 Feb 2019 00:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14549

Actions (login required)

View Item View Item