Analisis soal buku matematika kelas VII semester 1 kurikulum 2013 berkarakter revisi 2017 berdasarkan dimensi kognitif TIMSS 2015 mathematics framework: penelitian deskriptif kualitatif terhadap buku matematika kelas VII semester I kurikulum 2013 revisi 2017 terbitan Kemendikbud

Hidayanto, Muhammad Nur (2018) Analisis soal buku matematika kelas VII semester 1 kurikulum 2013 berkarakter revisi 2017 berdasarkan dimensi kognitif TIMSS 2015 mathematics framework: penelitian deskriptif kualitatif terhadap buku matematika kelas VII semester I kurikulum 2013 revisi 2017 terbitan Kemendikbud. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar Isi.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (480kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui kandungan dimensi kognitif berdasarkan TIMSS 2015 Mathematics Framework dalam soal Uji Kompetensi pada Buku Matematika Kelas VII Semester I Kurikulum 2013 Revisi 2017 Terbitan Kemendikbud beserta kesesuaian proporsinya dengan proporsi dimensi kognitif TIMSS 2015 Mathematics Framework. Selain itu, untuk mengetahui hasil implementasinya terhadap siswa kelas VII di dua sekolah yang dijadikan sampel, serta kendala dan hambatan guru dan siswa dalam menghadapi soal yang mengandung dimensi kognitif TIMSS 2015 Mathematics Framework. Data yang diperoleh berasal dari instrumen tes dan nontes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (a) Soal Uji Kompetensi pada Buku Matematika Kelas VII Semester I Kurikulum 2013 Revisi 2017 Terbitan Kemendikbud sudah mengandung ketiga dimensi kognitif TIMSS 2015 Mathematics Framework; (b) Proporsi dimensi kognitif yang ada pada soal uji kompetensi masih belum sesuai dengan proporsi yang diujikan pada dimensi kognitif dalam TIMSS 2015 Mathematics Framework; (c) kemampuan yang dimiliki oleh siswa dalam mengerjakan soal dimensi kognitif berdasarkan TIMSS 2015 Mathematics Framework di sekolah yang dijadikan sampel masih kurang dan perlu ditingkatkan; (d) Kendala utama guru dalam memberikan pembelajaran dengan menggunakan soal pada buku adalah tingkat pemahaman siswa yang berbeda dalam satu kelas serta kurangnya waktu yang dimiliki oleh guru untuk memberikan pembelajaran; (e) Kendala utama siswa dalam mengerjakan soal adalah lupa konsep atau rumus dan sulit memahami maksud soal yang diberikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Buku Matematika; Kurikulum 2013 Revisi 2017; TIMSS 2015 Mathematics Framework;
Subjects: Education
Education > General Publications of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Nur Hidayanto
Date Deposited: 08 Nov 2018 03:23
Last Modified: 08 Nov 2018 03:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14516

Actions (login required)

View Item View Item