Pengembangan kotak fluida statis (koflusa) sebagai media pembelajaran pada materi fluida statis: penelitian pengembangan di kelas XI MIA SMA Bina Muda Cicalengka

Widuri, Susana (2018) Pengembangan kotak fluida statis (koflusa) sebagai media pembelajaran pada materi fluida statis: penelitian pengembangan di kelas XI MIA SMA Bina Muda Cicalengka. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran di kelas merupakan salah satu kegiatan inti dalam terlaksananya proses pendidikan formal. Salah satu komponen penting yang dapat mempengaruhi keberlangsungan kegiatan pembelajaran di kelas adalah adanya media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur sejauh mana kelayakan Kotak fluida statis (Koflusa) dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi fluida statis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu: Analysis (analisis), Design (desain), Developement (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalahempat orang peserta didik kelas XI MIA B, lima orang peserta didik kelas XI MIA C, lima orang peserta didik kelas XI MIA D, dan lima orang peserta didik kelas XI MIA F SMA Bina Muda Cicalengka. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi ahli, lembar uji laboratorium, lembar uji lapangan, dan respon peserta didik. Koflusa dikembangkan dari Science in Box yang dibuat oleh Abdurrahman (2016). Science in Box merupakan alat peraga yang dapat menjelaskan empat sub materi fluida statis, yaitu: tekanan hidrostatis, Hukum Pascal, Prinsip Archimedes, dan bejana berhubungan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan hasil validasi ahli alat peraga Koflusa layak dijadikan media pembelajaran dengan persentase kelayakan sebesar 85,91%; 2) Berdasarkan hasil uji laboratorium alat peraga Koflusa dapat dinyatakan layak karena sesuai dengan teori fluida statis yang relevan; 3) Berdasarkan hasil uji lapangan alat peraga Koflusa layak dijadikan media pembelajaran dengan persentase kelayakan sebesar 83,55%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Koflusa layak digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan diadakannya penelitian lanjutan untuk mengetahui pengaruh Koflusa terhadap variabel-variabel lain seperti pemahaman konsep peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Fluida Statis; Koflusa; Media Pembelajaran; Penelitian Pengembangan
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Susana Widuri
Date Deposited: 10 Oct 2018 09:02
Last Modified: 10 Oct 2018 09:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14483

Actions (login required)

View Item View Item