Implementasi teknik Probing-Prompting Scaffolding untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar matematis siswa

Fatimah, Rizki Nuraini (2018) Implementasi teknik Probing-Prompting Scaffolding untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar matematis siswa. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (463kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menerima pembelajaran Probing-Prompting Scaffolding terhadap 93 siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes dan instrumen non -tes. Pengolahan data dilakukan menggunakan uji perbandingan rata-rata, yaitu uji Anova satu jalur. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara ketiga kelas, dengan urutan dari yang paling baik adalah kelas Probing-Prompting, Probing-Prompting Scaffolding, dan konvensional; (b) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis antara ketiga kelas, dengan urutan dari yang paling baik adalah kelas Probing-Prompting, Probing-Prompting Scaffolding, dan konvensional; (c) kesulitan yang dialami siswa dapat diminimalisir dengan cara pemberian latihan soal non-rutin; (d) kemandirian belajar matematis siswa kelas Probing-Prompting dan Probing-Prompting Scaffolding memiliki respon positif. Pembelajaran Probing-Prompting Scaffolding mampu membuat siswa untuk mengontruksi pengetahuannya secara mandiri, berinterakasi sosial, melakukan penemuan pengetahuan baru, serta melakukan refleksi, sehingga mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar matematis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Probing-Prompting; Probing-Prompting Scaffolding; Pemecahan Masalah Matematis; Kemandirian Belajar Matematis Siswa
Subjects: Education > Psychology of Education
Education > Research and Statistical Methods
Geometry > Trigonometry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Rizki Nuraini Fatimah
Date Deposited: 26 Feb 2019 08:31
Last Modified: 26 Feb 2019 08:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14430

Actions (login required)

View Item View Item