Pengaruh model pembelajaran pair check terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar matematis siswa: penelitian eksperimen pada siswa kelas VII di MTs Al-Jawami Cileunyi Kota Bandung

Niarti, Nenden (2018) Pengaruh model pembelajaran pair check terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar matematis siswa: penelitian eksperimen pada siswa kelas VII di MTs Al-Jawami Cileunyi Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (492kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Pair Check terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar matematis siswa. Metode yang digunakan kuasi eksperimen dengan The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel pada penelitian ini melibatkan 32 siswa, 16 kelas eksperimen dan 16 kelas kontrol. Data yang diperoleh menggunakan instrumen tes dan non tes. Hasil penelitian peningkatan aktivitas guru dan siswa pada tiap pertemuan. Terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang menggunakan model Pair Check lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Sikap kemandirian belajar siswa terhadap model pembelajaran Pair Check menunjukkan sikap yang positif. Solusi dari hambatan dan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis dapat diminimalisir melalui soal-soal non rutin. Kesimpulan: Pembelajaran Pair Check memfasilitasi proses konstruksi, temuan, interaksi sosial, reflektif sehingga mempengaruhi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Model Pair Check; kemampuan pemecahan masalah; Kemandirian Belajar.
Subjects: Mathematics > Research Methods of Mathematics
Applied mathematics > Game Theory Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nenden Niarti
Date Deposited: 12 Oct 2018 06:52
Last Modified: 12 Oct 2018 06:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14403

Actions (login required)

View Item View Item