Penerapan Model Pembelajaran ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi fluida statis

Ependi, Ardiansyah Sukma (2018) Penerapan Model Pembelajaran ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi fluida statis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMA Plus Al-Hasan Banjarsari Kabupaten Ciamis, nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih tergolong rendah. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran ECIRR serta peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi fluida statis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI MIA 1 SMA Plus Al-Hasan Banjarsari Kabupaten Ciamis berjumlah 30 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata aktivitas guru sebesar 84% dengan kategori sangat baik dan aktivitas peserta didik sebesar 76% dengan kategori baik. Rata-rata nilai LKPD peserta didik sebesar 80% dengan kategori sangat baik. Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi fluida statis dengan melihat indeks N-gain sebesar 0,75 yang berkategori tinggi. Hasil perhitungan dengan uji hipotesis menggunakan t-test: paired two sample for means dengan thitung > ttabel (37,03 > 2.042). Dengan demikian model pembelajaran ECIRR dapat dijadikan sebagai alternatif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi fluida statis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran ECIRR, kemampuan pemecahan masalah, fluida statis
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: ardiansyah sukma ependi
Date Deposited: 12 Oct 2018 02:57
Last Modified: 12 Oct 2018 02:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14398

Actions (login required)

View Item View Item