Meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan rotasi bumi melalui penggunaan media audio visual: penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VI MIN Maparah Ciamis

Wahyudin, Ade Aay (2015) Meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan rotasi bumi melalui penggunaan media audio visual: penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VI MIN Maparah Ciamis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK aay.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4.bab 1 ade aay wahyudin jadi.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text (BAB III)
6.BAB III BAGIAN 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text (BAB IV)
7.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi temuan pada pembelajaran IPA bahwa siswa cenderung pasif dan tidak komunikatif pada saat pembelajaran berlangsung. Siswa kurang memperhatikan guru yang sedang menyampaikan materi pelajaran, hal ini disebabkan karena guru kurang variatif dalam menggunakan media pembelajaran. Guru hanya menggunakan metode ceramah saja sehingga menimbulkan kejenuhan selama proses pembelajaran dan berimbas kepada rendahnya perolehan nilai harian pada mata pelajaran IPA. Untuk mengatasi permasalahan tersebut di gunakanlah media pembelajaran Audio Visual pada pembelajaran IPA di kelas VI MIN Maparah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan Media Audio Visual pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MIN Maparah.2) Untuk peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunkan media audio visual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas VI MIN Maparah. Penelitian ini berasumsi berdasarkan kerangka pemikiran bahwa pembelajaran IPA yang dilakukan oleh guru harus membawa siswa dalam menjawab permasalahan dengan banyak cara dan mungkin banyak jawaban sehingga mengundang potensi intelektual dan pengalaman siswa dalam proses menemukan sesuatu yang baru. Media Audio Visual adalah media yang dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam. Salah satunya meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada materi Rotasi bumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Sedangkan responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI MIN Maparah kabupaten Ciamis yang terdiri dari 25 siswa, 14 laki-laki dan 11 perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan lembar observasi dan tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 10 soal. Hasil pengolahan data menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan diterapkannya media audio visual. Hal ini terbukti Pada pembelajaran pra siklus diperoleh nilai rata-rata 55,2 dengan tingkat kelulusan 24% dan pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 60 dengan tingkat kelulusan 30% dan nilai rata-rata 80 dengan tingkat kelulusan 98% pada pembelajaran siklus II. Berdasarkan analisis lembar observasi diperoleh bahwa aktivitas guru dan siswa pada proses pembelajaran setelah tindakan dilaksanakan mengalami perubahan cukup baik. Hal ini dapat dbuktikan dengan pemerolehan hasil observasi guru dan observasi siswa yang selalu meningkat pada setiap siklusnya. Adapun untuk aktivitas guru pada pra siklus menunjukan hasil persentase 31,8% dan siklus 1 dengan persentase 63,6% kemudian 93,45% untuk persentase siklus II. Adapun untuk aktivitas siswa pada pra siklus menunjukan hasil persentase 49,16% dan siklus 1 52,58% kemudian 72,2% untuk persentase siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rotasi; Bumi: Audio Visual
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 26 Sep 2018 07:33
Last Modified: 26 Sep 2018 07:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14391

Actions (login required)

View Item View Item