Pengaruh model pembelajaran two stay two stray terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi:penelitian terhadap siswa kelas XI IPA SMAN 1 Serangpanjang Subang

Rahmawati, Siti (2015) Pengaruh model pembelajaran two stay two stray terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi:penelitian terhadap siswa kelas XI IPA SMAN 1 Serangpanjang Subang. Diploma thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.COVER.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4.BAB I SKRIPSI SIRAH.pdf

Download (692kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5.BAB II SKRIPSI SIRAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB)
[img] Text (BAB III)
6.BAB III SKRIPSI SIRAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (921kB)
[img] Text (BAB IV)
7.BAB IV SKRIPSI SIRAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa dalam proses belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran biologi memerlukan suatu cara atau model pembelajaran yang mengikutsertakan siswa aktif sehingga siswa terlibat secara langsung dalam pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, ketika siswa pasif dan hanya menerima penjelasan dari guru ada kecenderungan yang mengakibatkan siswa tidak dapat bekerja secara mandiri sehingga potensi untuk memiliki kemampuan berpikir kritis siswa kurang maksimal. Oleh sebab itu diperlukan suatu proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keterlaksanaan pembelajaran, kemampuan berpikir kritis siswa, pengaruh dan tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan dan tanpa menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada materi sistem reproduksi. Metode yang digunakan yaitu metode quasi eksperimen design. Desain ini mempunyai kelas yang tanpa menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray, tetapi tidak berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan kelas yang menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Serangpanjang Subang yang berjumlah 2 kelas yang telah diukur homogenitasnya dengan jumlah masing-masing kelas 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan tes awal, tes akhir dan angket. Dimana tes awal dan tes akhir berjumlah 10 soal uraian dan angket sebanyak 20 soal. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi yang menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray memperoleh nilai rata-rata pretest 44.15, posttest 80.8, dan N-Gain 0,65 dengan kriteria sedang, sedangkan siswa yang tanpa menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray memperoleh nilai rata-rata pretest 28.3, nilai posttest 55.2, dan N-Gain sebesar 0.27 dengan kriteria rendah. Berdasarkan perhitungan diperoleh Thitung = 4.81 dan Ttabel 1.72, dengan demikian Thitung = 4.81 > Ttabel = 1.72. Dari hasi penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray secara signifikan dapat berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMAN 1 Serangpanjang Subang pada materi sistem reproduksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Two Stay Two Stray; Berpikir Kritis; Sistem Reproduksi;
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 26 Sep 2018 02:53
Last Modified: 26 Sep 2018 02:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14381

Actions (login required)

View Item View Item