Penerapan model pembelajaran Picture and Picture hubungannya dengan efektivitas hasil belajar siswa dalam pembelajaran Aqidah Akhlak materi kalimat Tayyibah: Penelitian terhadap siswa Kelas IV MI Al-Istiqomah Kabupaten Bandung

Aulia, Nurul (2013) Penerapan model pembelajaran Picture and Picture hubungannya dengan efektivitas hasil belajar siswa dalam pembelajaran Aqidah Akhlak materi kalimat Tayyibah: Penelitian terhadap siswa Kelas IV MI Al-Istiqomah Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (618kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari fenomena yang muncul di MI Al-Istiqomah Kabupaten Bandung. Berdasarkan pengamatan observasi pendahuluan proses pembelajaran siswa memiliki respons yang tinggi ketika guru menerapkan model pembelajaran picture and picture, secara teori seharusnya akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, sehingga hasil belajar siswa akan meningkat. Namun pada saat proses belajar mengajar, fakta yang terjadi dari 27 orang siswa masih terdapat 40 % siswa yang yang hanya terdiam dengan tidak memberikan komentar atau analisa dari gambar-gambar yang telah disajikan. Sehingga muncullah suatu masalah yang ingin diteliti yaitu bagaimana penerapan model pembelajaran picture and picture hubungannya dengan efektivitas hasil belajar siswa dalam pembelajaran aqidah akhlak materi kalimat tayyibah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas penerapan model pembelajaran picture and picture dan efektivitas hasil belajar siswa dalam pembelajaran aqidah akhlak materi kalimat tayyibah serta hubungan antara antara penerapan model pembelajaran picture and picture hubungannya dengan efektivitas hasil belajar siswa dalam pembelajaran aqidah akhlak materi kalimat tayyibah. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa efektivitas hasil belajar siswa sebagian dipengaruhi oleh baik/tidaknya tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran picture and picture. Dari asumsi tersebut dapat ditarik hipotesis yaitu semakin baik (positif) tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran picture and picture, maka semakin baik pula hasil belajar siswa dalam pembelajaran aqidah akhlak materi kalimat tayyibah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sedangkan alat dan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, angket dan tes. Penyebaran angket ini ditujukan kepada 27 orang siswa. Adapun analisis data dilakukan dengan dua pendekatan, yaitu deskriptif dan korelasi. Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran picture and picture berkualifikasi sangat baik 4,19. Angka tersebut jika diinterpretasikan berada pada interval 3,40 - 4,19. Sedangkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran aqidah akhlak materi kalimat tayyibah berkualifikasi kurang dengan angka rata-rata 57,32. Angka tersebut jika diinterpretasikan berada pada interval 50 – 59. Hubungan antara kedua variabel tersebut termasuk kategori tinggi dengan korelasi 0,89 karena berada pada interval 0,80 – 1,00. Hipotesis alternatif (Ha) diterima berdasarkan t hitung 9,66 > dari pada t tabel 1,17 berarti antara penerapan model pembelajaran picture and picture dengan efektivitas hasil belajar siswa dalam pembelajaran aqidah akhlak terdapat hubungan yang signifikan. Adapun kontribusi variabel X terhadap variabel Y sebesar 79% dengan kata lain masih terdapat faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa sebesar 21%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Picture and Picture; Belajar; Siswa; Aqidah Akhlak; Kalimat Tayyibah
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 11 May 2016 01:47
Last Modified: 08 Jan 2020 05:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1438

Actions (login required)

View Item View Item