Penggunaan software autograph dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa: penelitian kuasi eksperimen pada materi grafik fungsi trigonometri di kelas X SMK Karya Budi

Alifah, Annisa Ulfi (2018) Penggunaan software autograph dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa: penelitian kuasi eksperimen pada materi grafik fungsi trigonometri di kelas X SMK Karya Budi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (602kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi dan kemampuan penalaran matematis siswa yang rendah. Pembelajaran menggunakan software Autograph menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa; (b) perbedaan pencapaian kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika (PAM) siswa; (c) sikap siswa terhadap penggunaan software Autograph dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan di SMK Karya Budi kelas X-A dan X-B menggunakan metode kuasi eksperimen. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis; (b) Hasil analisis data posttest menggunakan uji ANOVA dua jalur terdapat perbedaan pencapaian kemampuan penalaran matematis siswa antara yang menggunakan software Autograph dan pembelajaran konvensional berdasarkan PAM dan tidak terdapat interaksi antara kategori nilai PAM siswa dengan model pembelajaran dalam pencapaian kemampuan penalaran matematis siswa; (c) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan software Autograph sebagian besar siswa memberikan respon positif. Dengan demikian, software Autograph efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Software Autograph; Kemampuan Penalaran Matematis
Subjects: Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Annisa Ulfi Alifah
Date Deposited: 26 Sep 2018 04:29
Last Modified: 26 Sep 2018 04:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14359

Actions (login required)

View Item View Item