Pengembangan Folenta sebagai Media Pembelajaran pada Materi Alat-alat Optik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik

Nursyarifah, Ruhma (2018) Pengembangan Folenta sebagai Media Pembelajaran pada Materi Alat-alat Optik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran tidak akan berlangsung dengan baik apabila kurangnya pemberdayaan media pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin mengembangkan media pembelajaran alat peraga pada materi alat optik . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran folenta, peningkatan pemahaman konsep peserta didik setelah diterapkan media pembelajaran folenta dan respon peserta didik terkait media pembelajaran folenta. Media yang akan dikembangkan yaitu alat peraga “Eye Lens” tema mata karya Saputri dan Dewi. Penelitian ini meng¬gunakan metode penelitian pengembangan, dengan menggunakan desain ADDIE (Analysis Design Development Implementation Evaluation). Populasi yang dipakai adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Ciranjang, sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling diperoleh XI MIPA 6 sebanyak 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji kelayakan alat folenta dengan nilai 83,3% termasuk kategori layak. Peningkatan kemampuan pemahaman konsep pada sub materi alat optik mata sebesar 0,61% dengan kategori sedang. Hasil angket respon peserta didik terkait menunjukkan 88,54% sangat setuju untuk semua komponen. Dapat disimpulkan, media pembelajaran folenta layak digunakan sebagai alat praktikum pada pembelajaran alat optik mata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: ADDIE;Alat Optik;Folenta;Media Pembelajaran;Penelitian Pengembangan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Ruhma Nursyarifah
Date Deposited: 26 Sep 2018 02:45
Last Modified: 26 Sep 2018 02:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14315

Actions (login required)

View Item View Item