Pembelajaran cooperative-meaningful intructional (c-mid) berbasis metakognitif dalam upaya meningkatkan kemampuan koneksi dan kegigihan matematis siswa: penelitian kuasi eksperimen di MTsN 2 Bandung

Juniawan, Rismawati (2018) Pembelajaran cooperative-meaningful intructional (c-mid) berbasis metakognitif dalam upaya meningkatkan kemampuan koneksi dan kegigihan matematis siswa: penelitian kuasi eksperimen di MTsN 2 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB)
4_bab1.pdf

Download (371kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Cooperative-Meaningful Design (C-MID) berbasis metakognitif terhadap pembelejaran konvensional dilihat dari peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonquivalent Pretest-Posttest Control. Data diperoleh melalui instrumen tes dan dan non tes. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh hasil : (1) Gambaran aktivitas pada setiap pertemuan mengalami peningkatan, dimana siswa kelas eksperimen lebih baik daripada siswa kelas kontrol, (2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan koneki matematis siswa kelas eksperimen yang memiliki kategori sedang dan siswa kelas control yang memiliki kategori rendah. Sehingga kemampuan koneksi matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada siswa kelas kontrol, (3) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan koneksi matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada siswa kelas kontrol, (4) Kesulitan siswa yaitu belum terbiasa dalam menyelesaikan soal koneksi matematis, (5) Terdapat peningkatan sikap kegigihan matematis siswa. Pembelajaran Cooperative-Meaningful Design (C-MID) berbasis metakognitif merupakan pembelajaran bermakna melalui proses interaksi dan tantangan, sehingga mampu meningkatkan kemampuan koneksi matematis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Cooperative-Meaningful Design (C-MID) Berbasis Metakognitif; Kemampuan Koneksi; dan Kegigihan Matematis Siswa
Subjects: Collections of General Statistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Rismawati Juniawan Rismawati Juniawan
Date Deposited: 23 Oct 2018 07:51
Last Modified: 23 Oct 2018 07:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14242

Actions (login required)

View Item View Item