Penggunaan e-module pembelajaran pada konsep sifat koligatif larutan untuk mengembangkan kemampuan literasi kimia siswa: penelitian kelas terhadap siswa kelas XI F 2 SMK Farmasi As-shifa Ciparay

Nugraha, Agung (2015) Penggunaan e-module pembelajaran pada konsep sifat koligatif larutan untuk mengembangkan kemampuan literasi kimia siswa: penelitian kelas terhadap siswa kelas XI F 2 SMK Farmasi As-shifa Ciparay. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4.BAB I.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[img] Text (BAB III)
6.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text (BAB IV)
7.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img] Text (BAB V)
8.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)

Abstract

Sifat koligatif larutan merupakan salah satu konsep kimia yang memiliki karakteriristik sebagai konsep abstrak dengan contoh yang konkret. Melalui penelitian kelas dilakukan penggunaan Modul Elektronik (E-Module) pembelajaran pada konsep sifat koligatif larutan untuk mengembangkan kemampuan literasi kimia terhadap Siswa kelas XI F 2 SMK Farmasi As-Shifa Ciparay. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa pada pembelajaran sifat koligatif larutan berbantuan E-Module di kelas, mendeskripsikan kinerja siswa pada pembelajaran sifat koligatif larutan berbantuan E-Module di kelas, menganalisis kemampuan literasi kimia siswa pada pembelajaran sifat koligatif larutan berbantuan E-Module di kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa dan guru, lembar kerja siswa (LKS) percobaan sifat koligatif larutan, dan tes kemampuan literasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil observasi aktivitas siswa dan guru dengan interprestasi baik sekali, kinerja psikomotor dan afektif selama proses pembelajaran termasuk pada kategori baik sekali, dan kemampuan literasi kimia siswa berdasarkan kelompok tinggi, sedang, dan rendah masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 80. Proses pembelajaran dengan penggunaan E-Module pada konsep sifat koligatif larutan dapat mengaktifkan siswa dan dapat mengembangkan kemampuan literasi kimia siswa pada konsep sifat koligatif larutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: E-Module Pembelajaran Sifat Koligatif Larutan; Literasi Kimia Siswa; Konsep Sifat Koligatif Larutan;
Subjects: Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: rofita fita robi'in
Date Deposited: 02 Nov 2018 07:15
Last Modified: 02 Nov 2018 07:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14183

Actions (login required)

View Item View Item