Estimasi mortalitas populasi lanjut usia tertanggung dengan model cox proportional hazard pada kejadian bersama

Rejeki, Dian Tresnawati Sri (2018) Estimasi mortalitas populasi lanjut usia tertanggung dengan model cox proportional hazard pada kejadian bersama. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy

Abstract

Mortalitas merupakan salah satu faktor penting dalam asuransi jiwa. Dengan adanya prakiraan mortalitas, perusahaan asuransi dapat memberikan dasar taksiran lama kehidupan tertanggung, lama pembayaran premi dan saat pembayaran manfaat. Analisis yang digunakan yaitu analisis ketahanan dengan model Cox proportional hazard pada waktu kejadian tunggal dan kejadian bersama. Untuk kejadian bersama terdapat beberapa metode pendekatan dalam mengatasi kejadian bersama. Metode pendekatan yang akan digunakan salah satunya yaitu metode Breslow. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dalam membangun dan mengestimasi model Cox proportional hazard, serta penerapannya untuk mortalitas populasi lanjut usia tertanggung pada kejadian bersama. Dalam mengestimasi parameter dapat diperoleh dengan menggunakan metode Maximum Partial Likelihood Estimation (MPLE) dimana dalam perhitungannya dibantu dengan software Matlab. Berdasarkan studi kasus mengenai mortalitas populasi lanjut usia tertanggung yang mengikuti asuransi jiwa dengan waktu kejadian bersama, diperoleh model akhir cox proportional hazard yang bergantung pada faktor jenis kelamin, status merokok, jenis asuransi, dan kategori usia. Dari model akhir tersebut diperoleh hasil analisis untuk jenis kelamin risiko kematian pada laki-laki lebih tinggi daripada perempuan, untuk status merokok risiko aggregate dan merokok lebih tinggi dari yang tidak merokok, untuk jenis asuransi risiko seumur hidup lebih tinggi dari yang berjangka, sedangkan untuk kategori usia risiko kematian yang berusia 65-69 tahun, 70-74 tahun, 75-79 tahun, dan 80-84 tahun lebih tinggi dari yang berusia 60-64 tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Cox Proportional Hazard; Kejadian Bersama; Metode Breslow; Maximum Partial Likelihood Estimation (MPLE); Mortalitas Lanjut Usia
Subjects: Applied mathematics
Applied mathematics > Statistical Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika
Depositing User: Dian Tresnawati Sri Rejeki
Date Deposited: 24 Sep 2018 04:35
Last Modified: 24 Sep 2018 04:35
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14180

Actions (login required)

View Item View Item