Pengaruh model pembelajaran motivating, acquire, search, trigger, exhibit, reflect (MASTER) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi ekosistem: penelitian dilakukan di kelas X MAN 2 Kota Bandung

Septian, Dini Dwi Dayanti (2018) Pengaruh model pembelajaran motivating, acquire, search, trigger, exhibit, reflect (MASTER) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi ekosistem: penelitian dilakukan di kelas X MAN 2 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (687kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi siswa dalam belajar terutama pada materi yang cakupannya sangat luas seperti pada materi ekosistem, siswa banyak mencatat dan menghafal serta memahami begitu banyak materi, sehingga diperlukan teknik penyampaian materi yang dapat membuat siswa tidak merasa bosan serta dapat dengan mudah memahami materi yang disampikan. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran MASTER. Model pembelajaran MASTER adalah model pembelajaran dengan konsep Cara Cepat Belajar (CBC) yang terdiri dari enam tahapan Motivating, Acquire, Search, Trigger, Exhibit, Reflect. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran MASTER, hasil belajar siswa dengan dan tanpa model pembelajaran MASTER, pengaruh model pembelajaran MASTER, serta respon siswa terhadap model pembelajaran MASTER. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Eksperimen dengan bentuk desain Quasi Eksperimental Design jenis Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang ditentukan dengan cara Purposive Sampling yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri atas 40 orang siswa dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol yang terdiri atas 40 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran MASTER pada lembar observasi guru 96% dan lembar observasi siswa 90% dengan kualifikasi sangat baik. Peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan nilai N-gain 0,73 berkualifikasi tinggi dan siswa kelas kontrol dengan nilai N-gain 0,66 berkualifikasi sedang. Hasil uji-t menunjukan bahwa model pembelajaran MASTER berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Respon siswa terhadap model pembelajaran MASTER menunjukan respon yang sangat baik dengan nilai rata-rata angket sebesar 93,34% berkualifikasi sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran MASTER berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Cara cepat belajar; Ekosistem; Hasil Belajar Kognitif; Model Pembelajaran MASTER; Quasi Eksperimen
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Dini Dwi Dayanti
Date Deposited: 26 Sep 2018 04:02
Last Modified: 26 Sep 2018 04:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14167

Actions (login required)

View Item View Item