Peran pemberdayaan badan pengelola majelis talklim dalam meningkatkan intelektualitas masyarakat Islam

Wiratanu, Aria (2018) Peran pemberdayaan badan pengelola majelis talklim dalam meningkatkan intelektualitas masyarakat Islam. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy

Abstract

Majelis Al ihya Insan Kamil Bogor merupakan sebuah yayasan yang bergerak mulai dari Pendidikan TK, SD, SMP dan SMA. Bahkan sampai menyelenggarakan Perguruan Tinggi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah. Selain itu Majelis Al ihya memiliki Majelis Taklim yang menyediakan program pemberdayaan dalam meningkatkan intelektual masyarakat Islam. Peneliti ingin mengetahui bagaimana respon masyarakat terhadap peran pemberdayaan badan pengelola majelis taklim dalam meningkatkan intelektual masyarakat, berbanding lurus atau bertolak belakang dengan fakta yang ada di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja program badan pengelola majelis taklim Al ihya dalam meningkatkan intelektual masyarakat. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan yang dilakukan Badan Pengelola Majelis Taklim Al Ihya Insan Kamil Bogor dalam meningkatkan intelektualitas masyarakat Islam, dan faktor faktor apa saja yang menjadi penghambat pemberdayaan intelektual masyarakat Islam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik penarikan sampel purposive sampling. Peneliti melakukan observasi, dokumentasi, serta wawancara kepada pihak-pihak yang bersangkut paut dalam pengurusan pemberdayaan intelektual yang dilakukan Badan Pengelola Majelis Taklim Al Ihya Insan Kamil Pemilihan Teori dalam penelitian ini tentunya harus memiliki relevansi dengan apa yang dibahas dalam penelitian ini. Teori yang digunakan adalah teori peran dan teori pemberdayaan. Teori peran teori ini merupakan teori dari Soejono Soekanto (2012 :212) peran (role) merupakan aspek dinamis kedudukan (status). Apabila seorang melaksanakan hak kewajibannya sesuai dengan kedudukannya, maka orang tersebut telah menjalankan suatu peran. Peran berarti tingkah laku yang diharapkan dimiliki oleh orang yang berkedudukan di masyarakat. Teori pemberdayaan ini merupakan teori dari Edi Suharto (2005:37) pemberdayaan adalah salah satu metode pekerja sosial yang tujuan utamanya untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat melalui pendayagunaan sumber sumber yang ada pada mereka, serta menekankan prinsip partisipasi sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Program dalam meningkatkan Inteletkual masyarakat Islam adanya perpustakaan, Radio al ihya serta pengajian dan ikatan remaja majelis. Badan Pengelola Majelis Taklim Al Ihya Insan Kamil telah melakukan peran pemberdayaan dalam meningkatkan intelektual dengan adanya perpustakaan, pengajian untuk masyarakat, adanya Radio Al-Ihya, adanya ikatan remaja Majelis Taklim, pembinaan bagi mualaf serta faktor penghambat kurang nya partisipasi masyarakat yang tinggal di sekitar majelis taklim dalam rangka mengikuti program pemberdayaan intelektual

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran; Pemberdayaan; Intelektualitas; Masyarakat Islam
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Aria Wiratanu
Date Deposited: 26 Sep 2018 03:41
Last Modified: 09 Oct 2018 03:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14138

Actions (login required)

View Item View Item