Penerapan metode pembelajaran Team Quiz dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Fiqih materi makanan dan minuman halal dan haram: Penelitian quasi eksperimen pada kelas VIII di Mts Atta'zhimiyah Kota Bandung

Tulsahidah, Rohimah (2018) Penerapan metode pembelajaran Team Quiz dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Fiqih materi makanan dan minuman halal dan haram: Penelitian quasi eksperimen pada kelas VIII di Mts Atta'zhimiyah Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (407kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya motivasi belajar peserta didik akan berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Hasil belajar merupakan pencerminan pencapaian peserta didik setelah melakukan usaha dalam belajar. Dalam proses pembelajaran metode yang dilakukan oleh pendidik seharusnya menjadi sesuatu yang benar-benar tepat dan bermakna, untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui, (1) penerapan metode pembelajaran team quiz, (2) perbedaan motivasi belajar antara peserta didik yang menggunakan metode team quiz dengan peserta didik yang menggunakan metode ceramah, (3) perbedaan hasil belajar kognitif antara peserta didik yang menggunakan metode team quiz dengan peserta didik yang menggunakan metode ceramah, (4) tanggapan peserta didik terhadap penerapan metode pembelajaran team quiz pada mata pelajaran Fiqih materi makanan dan minuman halal dan haram di kelas VIII MTs Atta’zhimiyah kota Bandung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan metode quasi eksperimen bentuk nonequivalent control group design Sebelum diberi treatment, baik kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diberi tes yaitu pretest, kemudian setelah diberikan treatment kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diberikan tes yaitu posttest. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa, (1) pelaksanaan pembelajaran Fiqih dengan menggunakan metode pembelajaran team quiz dan metode pembelajaran ceramah, meliputi kegiatan pendahuluan, inti dan penutup, perbedaannya terdapat pada kegiatan inti pembelajaran, (2) perbedaan motivasi belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran team quiz dengan peserta didik yang menggunakan metode ceramah, diperoleh perbedaan yang signifikan, (3) perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik yang menggunakan metode team quiz dengan peserta didik yang menggunakan metode ceramah diperoleh perbedaan yang signifikan, (4) tanggapan peserta didik terhadap penerapan metode pembelajaran team quiz berkategori sangat positif. Sebagai akhir penelitian peneliti menyarankan kepada pendidik untuk menciptakan suasana belajar yang efektif dan menyenangkan agar hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Dengan membandingkan kedua metode tersebut maka metode team quiz dinilai lebih baik dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. oleh karena itu lebih disarankan untuk menggunakan metode team quiz dalam pembelajaran fiqih materi makanan dan minuman halal dan haram agar motivasi dan hasil belajar peserta didik semakin optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Team Quiz; Motivasi Belajar; Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Education
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd.I Rohimah Tulsahidah
Date Deposited: 09 Nov 2018 06:46
Last Modified: 13 Jan 2022 04:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/14016

Actions (login required)

View Item View Item