Pengaruh model pembelajaran Hypnoteaching terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti materi berbusana muslim dan muslimah merupakan cermin kepribadian dan keindahan diri: penelitian kuasi eksperimen pada kelas X Sma Muhammadiyah 4 Kota Bandung

Nursholihah, Suna (2018) Pengaruh model pembelajaran Hypnoteaching terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti materi berbusana muslim dan muslimah merupakan cermin kepribadian dan keindahan diri: penelitian kuasi eksperimen pada kelas X Sma Muhammadiyah 4 Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR IS1.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (340kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di kelas X SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung, dalam pembelajaran pendidikan agama islam, ditemukan bahwa hanya terdapat 32 % dari 37 orang siswa yang lulus dengan nilai di atas KKM (skor 80) pada hasil evaluasi ujian tengah semester.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pembelajaran di kelas yang mendapat perlakuan dan tidak mendapatkan perlakuan model pembelajaran Hypnoteaching, mengetahui hasil belajar kognitif siswa di kelas yang mendapat perlakuan dan tidak mendapatkan perlakuan model pembelajaran Hypnoteaching dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Hypnoteaching terhadap hasil kognitif siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti materi Berbusana Muslim dan Muslimah Merupakan Cermin Kepribadian dan Keindahan Diri di kelas X IPS 1 SMA Muhammadiyah 4 Kota Bandung.Desain penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design, bentuknya yaitu Nonequivalent Control Group Design, dengan menggunakan dua sempel kelas, yaitu kelas X IPS 1 dengan menerapkan model pembelajaran Hypnoteaching, sedangkan kelas X IPS 3 dengan menerapkan model pembelajaran Konvensional (ceramah).Model pembelajaran hypnoteaching merupakan suatu model mengajar yang menggunakan sugesti-sugesti positif supaya proses belajarnya menjadi lebih baik dan hasilnya meningkat. Dengan menggunakan model pembelajaran ini dapat mengubah suasana kelas menjadi lebih rileks sehingga berdampak positif kepada peningkatan hasil belajarnya.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran di kelas yang mendapat perlakuan model pembelajaran hypnoteaching secara keseluruhan dapat dilaksanakan dengan amat baik. Berdasarkan hasil observasi selama 2 pertemuan, aktifitas guru 96.5% dan aktifitas siswa 91% dan di kelas yang tidak mendapat perlakuan (Model pembelajaran konvensional/ ceramah) secara keseluruhan dapat dilaksanakan dengan baik berdasarkan aktifitas guru 92.5% dan siswa 81%. (2) hasil belajar kognitif siswa di kelas eksperimen dikategorikan sedang berdasarkan nilai rata-rata posttest 84 dan kelas kontrol dikategorikan rendah dengan nilai rata-rata posttest 64.61.(3) Peningkatan pemahaman siswa di kelas eksperimen dikategorikan sedang yaitu 0,4 atau 40% dan kelas kontrol dapat dikategorikan rendah yaitu 0.26 atau 26%.Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh nilai t hitung =30.29 dan t tabel= 2.06, maka t hitung > dari t tabel, artinya hipotesis diterima. oleh karena itu modelpembelajaran hypnoteaching berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi berbusana muslim dan muslimah merupakan cermin kepribadian dan keindahan diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh; Model Pembelajaran Hypnoteaching; Hasil Belajar
Subjects: Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: suna nursh suna suna
Date Deposited: 19 Sep 2018 06:54
Last Modified: 19 Sep 2018 06:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13925

Actions (login required)

View Item View Item