Penerapan Teknik Akrostik Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Pada Tema Cita-Citaku Sub Tema Aku Dan Cita-Citaku : Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MI Negeri Margasai Kelurahan Derwati Kecamatan Rancasari.

Diana, Ina (2018) Penerapan Teknik Akrostik Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Pada Tema Cita-Citaku Sub Tema Aku Dan Cita-Citaku : Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MI Negeri Margasai Kelurahan Derwati Kecamatan Rancasari. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (442kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang terdapat pada keterampilan menulis puisi siswa pada pembelajaran tema cita-citaku sub tema aku dan cita-citaku di kelas IV B MIN Margasari (MIN 02) Kota Bandung, bahwa keterampilan menulis puisi siswa belum mencapai nilai KKM. Hal ini terjadi karena pembelajaran yang dilakukan hanya berpusat pada guru (teacher center) dan tidak berpusat pada siswa (student center), serta guru belum menggunakan teknik pembelajaran yang tepat pada pembelajaran menulis puisi. Sehingga kegiatan pembelajaran bersifat monoton, dan keterampilan siswa dalam menulis puisi masih rendah. Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa pada tema cita-citaku sub tema aku dan cita-citaku bahwa 1) Keterampilan menulis puisi siswa sebelum diterapkan teknik akrostik, 2) Proses penerapan teknik akrostik pada setiap siklus, 3) Keterampilan menulis puisi setelah penerapan teknik akrostik. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa keterampilan siswa dalam menulis puisi ditentukan oleh banyak faktor salah satunya dengan penerapan teknik pembelajaran yang baik, seperti teknik akrostik. Berdasarkan asumsi tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah penerapan teknik akrostik diduga dapat meningkatan keterampilan menulis puisi siswa pada pembelajaran tema cita-citaku sub tema aku dan cita-citaku. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melalui II siklus dan pada setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelakasanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa 1) Keterampilan menulis puisi siswa sebelum diterapkan teknik akrostik memperoleh nilai rata-rata 46,87 dengan kriteria sangat kurang, dan ketuntasan belajar klasikal sebanyak 14%. 2) Penerapan teknik akrostik berjalan baik sesuai dengan tahapannya. Aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan pada siklus I aktivitas guru memperoleh persentase sebanyak 64,15% dengan kriteria sedang, pada siklus II aktivitas guru meningkat menjadi 89,1% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 61,65% dengan kriteria sedang. Pada siklus II naik sebsear 87,5% dengan kriteria sangat baik. 3) Keterampilan menulis puisi siswa setelah diterapkan teknik akrostik mengalami peningkatan. Pada siklus I perolehan nilai rata-rata siswa 69,45 dengan kriteria sedang, dan persentase ketuntasan belajar sebesar 51,75% dengan kriteria sangat kurang. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat sebesar sebesar 89,37 dan persentase sebesar 91% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian, Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan telah selesai dengan tujuan yang diharapkan yakni dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa pada pembelajaran tema cita-citaku sub tema aku dan cita-citaku.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis; Puisi; Teknik Akrostik
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ina diana ina diana
Date Deposited: 19 Sep 2018 08:03
Last Modified: 19 Sep 2018 08:03
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13807

Actions (login required)

View Item View Item