Penerapan model pembelajaran cooperative problem solving untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi usaha dan energi: penelitian pre-experimental di kelas X MIPA 9 SMAN 1 Garut 2017/2018

Pratiwi, Milda Suci (2018) Penerapan model pembelajaran cooperative problem solving untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi usaha dan energi: penelitian pre-experimental di kelas X MIPA 9 SMAN 1 Garut 2017/2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi .pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Cooperative Problem Solving dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi Usaha dan Energi. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian one-group-pretest-posttest-design. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Garut. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas X MIPA 1-10 dengan jumlah keseluruhan 320 orang. Pengambilan sampelnya menggunakan simple random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas X MIPA 9 dengan jumlah peserta didik 32 orang. Keterampilan berpikir kreatif peserta didik diperoleh dari pretest dan posttest berbentuk tes uraian TTCT (Torrance Test of Creative Thinking). Peningkatan setiap indicator keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi usaha dan energi diperoleh dari perhitungan N-Gain menggunakan uji Liliefors seperti pada fluency (0,63), flexibility (0,56), dan Elaboration (0,60). Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif setelah penerapan model pembelajaran Cooperative Problem Solving pada materi usaha dan energi. Dengan demikian model pembelajaran Cooperative Problem Solving dapat dijadikan sebagai salah satu solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Problem Solving; keterampilan berpikir kreatif; Usaha dan Energi.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Milda Suci Pratiwi
Date Deposited: 25 Sep 2018 08:10
Last Modified: 25 Sep 2018 08:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13759

Actions (login required)

View Item View Item