Tanggapan siswa terhadap pembiasaan membaca Asmaul husna sebelum belajar hubungannya dengan motivasi mereka dalam mengikuti pelajaran PAI : Penelitian di SMP Negeri 17 Bandung

Aidah, Aidah (2018) Tanggapan siswa terhadap pembiasaan membaca Asmaul husna sebelum belajar hubungannya dengan motivasi mereka dalam mengikuti pelajaran PAI : Penelitian di SMP Negeri 17 Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (794kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy

Abstract

menerapkan kepada siswanya mengenai pembiasaan membaca asmaul husna sebelum pelajaran PAI dimulai, berdasarkan informasi pada saat studi pendahuluan, tanggapan siswa terdapat pembiasaan membaca asmaul husna sebelum belajar cukup bagus, namun di sisi lain motivasi mereka dalam mengikuti pelajaran PAI terlihat masih rendah. hal itu membuat penulis merasa tertarik untuk meneliti apakah ada hubungan antara tanggapan siswa terhadap pembiasaan membaca asmaul husna sebelum belajar dengan motivasi mereka dalam mengikuti pelajaran PAI. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) realitas tanggapan siswa kelas VII SMP Negeri 17 Bandung terhadap pembiasaan membaca asmaul husna sebelum belajar 2) realitas motivasi siswa kelas VII SMP Negeri 17 Bandung dalam mengikuti pelajaran PAI 3) hubungan antara tanggapan siswa terhadap pembiasaan membaca asmaul husna sebelum belajar dengan motivasi mereka dalam mengikuti pelajaran PAI. Penelitian ini diasumsikan bahwa motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran PAI berkaitan dengan pembiasaan membaca asmaul husna sebelum belajar timbul setelah adanya tanggapan terhadap suatu objek. Dari asumsi ini diajukan hipotesis bahwa: semakin tinggi tanggapan siswa terhadap pembiasaan membaca asmaul husna sebelum belajar, maka akan semakin tinggi pula motivasi mereka dalam mengikuti pelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sementara untuk analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistika untuk data kuantitatif dengan menempuh analisis parsial perindikator dan analisis korelasi, responden dalam penelitian ini berjumlah 32 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tanggapan siswa terhadap pembiasaan membaca asmaul husna sebelum belajar memperoleh nilai rata-rata 4,39 dengan kualifikasi sangat tinggi karena berada pada interval 4,20-5,00. Motivasi belajar mereka dalam mengikuti pelajaran PAI memperoleh nilai rata-rata 4,03 dengan kualifikasi tinggi karena berada pada interval 3,40-4,19. Sedangkan hubungan antara tanggapan siswa terhadap pembiasaan membaca asmaul husna sebelum belajar dengan motivasi mereka dalam mengikuti pelajaran PAI diperoleh nilai korelasi sebesar 0,43 dengan kualifikasi sedang karena berada pada interval 0,40 – 0,70. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa thitung 2,611 ≥ ttabel 2,042. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa ada hubungan yang signifikan antara variabel X dan variabel Y dan memiliki pengaruh sebesar 10 % artinya diperkirakan masih ada pengaruh lain sebesar 90 % yang mempengaruhi baik faktor internal maupun eksternal terhadap motivasi belajar mereka dalam mengikuti pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan asmaul husna; motivasi belajar; PAI
Subjects: Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Nama-nama Allah, Asmaul Husna
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aidah Aidah
Date Deposited: 18 Sep 2018 04:00
Last Modified: 18 Sep 2018 04:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13720

Actions (login required)

View Item View Item