Pengaruh Inflasi, Tingkat Suku Bunga, dan Nilai Tukar Rupiah terhadap Non Performing Loan (NPL) pada PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) (Persero) Tbk Periode 2005-2016

Martha, Rahmi Yuliani (2018) Pengaruh Inflasi, Tingkat Suku Bunga, dan Nilai Tukar Rupiah terhadap Non Performing Loan (NPL) pada PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) (Persero) Tbk Periode 2005-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (937kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (147kB) | Preview

Abstract

Roda perekonomian suatu negara salah satunya dipengaruhi oleh aktivitas sektor perbankan. Bank merupakan lembaga resmi yang menyalurkan dana dalam bentuk kredit kepada masyarakat. Tingkat kesehatan bank dapat dilihat dari seberapa besar kredit yang bermasalah. Kenaikan atau penurunan nilai kredit bermasalah dapat dipengaruhi oleh pergerakan ekonomi makro. Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk mengetahui apakah variabel independen Inflasi, Tingkat Suku Bunga, dan Nilai Tukar Rupiah berpengaruh terhadap variabel dependen Non Performing Loan (NPL) pada PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) (Persero) Tbk periode 2005-2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa data kuantitatif yang diolah dari Badan Pusat Statistik, Bank Indonesia, dan laporan keuangan PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk periode 2005-2016 serta jenis data menurut waktu pengumpulannya yaitu data Time Series. Untuk mengetahui pengaruh Inflasi, Tingkat Suku Bunga, dan Nilai Tukar Rupiah terhadap Non Performing Loan (NPL) digunakan teknik uji asumsi klasik, analisis deksripsi, analisis korelasi, analisis regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis dengan mengunakan statistik uji t, uji F, dan uji determinasi dengan tingkat signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama (simultan) variabel Inflasi, Tingkat Suku Bunga, dan Nilai Tukar Rupiah terhadap NPL pada PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk periode 2005-2016 yaitu sebesar 83,8% sedangkan sisanya sebesar 16,2% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Selanjutnya berdasarkan pengujian hipotesis secara simultan (uji F), maka didapatkan hasil variabel inflasi, tingkat suku bunga, dan nilai tukar rupiah berpengaruh signifikan dengan hasil Fhitung 13,842 > Ftabel 4,26. Secara parsial (uji t) variabel inflasi berpengaruh signifikan dengan hasil -thitung > -ttabel (-3.010 < -2,306). Variabel tingkat suku bunga berpengaruh signifikan dengan hasil thitung > ttabel (5,460 > 2,306). Dan variabel nilai tukar rupiah berpengaruh signifikan dengan hasil -thitung < -ttabel (-3,037 < -2,306).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Inflasi;Tingkat Suku Bunga;Nilai Tukar Rupiah;NPL
Subjects: Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Econmics > Economic Situation and Conditions in Indonesia
Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Banks
Financial Economics, Finance > Credit
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Rahmi Yuliani Martha
Date Deposited: 25 Sep 2018 06:40
Last Modified: 25 Sep 2018 06:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/13650

Actions (login required)

View Item View Item